Pemkab Sukamara segera anggarkan beasiswa bagi putra-putri daerah

id Pemkab Sukamara segera anggarkan beasiswa bagi putra-putri daerah, kalteng, Palangka raya, Sukamara, UMPR

Pemkab Sukamara segera anggarkan beasiswa bagi putra-putri daerah

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf (kanan) menerima kedatangan jajaran Pemkab Sukamara. ANTARA/HO-UMPR

Palangka Raya  (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah Rendi Lesmana melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Palangkaraya bersama Kepala Bappeda Sukamara pada Rabu (12/4).

Dikutip dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), kunjungan ini membawa salah satu misi penting dari Pemerintah Sukamara yang kini tengah fokus menyusun pembangunan daerah dan meningkatkan SDM-nya melalui pendidikan.

“Sukamara perlu konsentrasi dalam meningkatkan SDM dan menyusun pembangunan daerah tahun 2024-2025,” kata Rendi.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Rektor UMPR beserta para Wakil Rektor dan dekan-dekan fakultas UMPR yang kemudian menjadikan momen ini sebagai wadah diskusi untuk saling melihat peluang kerjasama positif yang bisa dilakukan.

Rendi menerangkan realita yang saat ini Sukamara hadapi ialah terjadi ketimpangan antara industri yang masuk ke Sukamara dengan SDM yang tersedia.

“Melihat ketimpangan terjadi, karena ketika ada dunia industri yang masuk ke Sukamara, SDM-nya masih kurang. Oleh karena itu, memajukan akademik perlu dilakukan,” kata Rendi.

Baca juga: UMPR-BI saling bersinergi, cerdaskan putra-putri Kalimantan Tengah

Menjawab permasalahan ini, Rendi mengatakan bahwa pihaknya akan merancangkan beasiswa bagi pelajar Sukamara yang ingin melanjutkan pendidikannya, yang saat ini sedang dalam proses penganggaran.

Sebelumnya, pada awal Maret 2023 Rektor UMPR melakukan kunjungan ke-5 kabupaten Kalimantan Tengah salah satunya Sukamara. Kunjungan ini membuahkan hasil bahwa banyak putra-putri daerah berpotensi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Rektor UMPR,  Dr Muhammad Yusuf turut memberikan dukungannya dengan ketersediaan UMPR menyambut para calon mahasiswa ini dengan fasilitas tempat tinggal di rusunawa UMPR.

“Kami menyediakan rusunawa yang merupakan hibah dari pemerintah pusat dengan daya tampung 158 mahasiswa bagi yang berkuliah di UMPR, terutama yang datang dari daerah di luar kota,” kata Rektor UMPR.

Harapannya, fasilitas ini memberikan keringanan bagi calon mahasiswa dari berbagai kabupaten Kalteng yang ingin berkuliah di UMPR termasuk Sukamara agar tidak lagi kesulitan mencari tempat tinggal.

Ke depannya, UMPR dan Pemkab Sukamara akan terus membangun kerja sama yang baik demi mengoptimalkan pengembangan potensi SDM melalui pendidikan agar putra-putri daerah siap bersaing masuk ke dunia industri.

Baca juga: Akademisi UMPR tingkatkan kemampuan pengelolaan medsos sekolah TK

Baca juga: UMPR - BWS Kementerian PUPR kerja sama pengelolaan sumber daya air

Baca juga: UMPR dan UPR hadirkan olahan ikan pada matching fund Kemendikbudristek