Disdik Kotim dan OFI bersinergi kampanye pelestarian orang utan dan lingkungan

id Disdik Kotim dan OFI bersinergi kampanye pelestarian orang utan dan lingkungan, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, pendidikan, bupati kotawar

Disdik Kotim dan OFI bersinergi kampanye pelestarian orang utan dan lingkungan

Bupati Halikinnor menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan OFI tentang kampanye orang utan dan pelestarian lingkungan, Minggu (14/5/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah bersama organisasi Orangutan Foundation International (OFI) sepakat bekerja sama dalam hal kampanye orang utan dan pelestarian lingkungan. 

"Kami menyambut baik dan berterima kasih atas dukungan OFI terhadap kegiatan yang kami laksanakan," Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah di Sampit, Minggu. 

Penandatanganan kerja sama ini dilaksanakan saat peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Penandatanganan dilakukan oleh Irfansyah dengan Dorprawati Siburian selaku Manajer Kampanye OFI. 

Bupati Halikinnor turut hadir dan menandatangani perjanjian selaku kepala daerah yang mengetahui kerja sama tersebut. 

Dijelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk mendukung kelestarian satwa endemik di Kalimantan Tengah. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik terkait pelestarian orangutan. 

Dalam kerja sama ini, kedua belah pihak akan membuat jadwal kampanye orang utan di sekolah dan pelestarian lingkungan. Kedua belah pihak melakukan koordinasi dengan pihak sekolah terkait kampanye orang utan dan pelestarian lingkungan. 

Baca juga: Peringatan Hardiknas di Kotim disertai kampanye penyelamatan lingkungan

"Dinas Pendidikan menyambut baik kerja sama ini karena tujuannya sangat penting. Ini juga bagus untuk mengedukasi peserta didik sejak dini untuk turut mencintai dan melestarikan lingkungan," ujar Irfansyah.

Pendiri Orangutan Foundation International (OFI), Profesor Dr Birute Mary Galdikas mengaku senang melihat komitmen Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam upaya menyelamatkan lingkungan.

"Saya senang tadi mendengar komitmen Pak Bupati terhadap kelestarian lingkungan, ingin menanam banyak pohon. Ini harus kita dukung karena sangat penting bagi lingkungan kita," ujarnya.

Bupati Halikinnor juga mendukung kerja sama tersebut. Ini merupakan  langkah positif dan sangat bermanfaat terhadap anak-anak agar turut peduli terhadap pelestarian orang utan dan lingkungan. 

"Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat bagus untuk anak-anak kita. Kami dukung kegiatan-kegiatan seperti ini ditingkatkan," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Bupati Kotim sebut Merdeka Belajar bawa perubahan positif

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan peningkatan bantuan rumah ibadah

Baca juga: Damang di Kotim diminta lebih optimal membantu masyarakat