Legislator Kotim dukung peningkatan pembinaan umat Kaharingan

id Legislator Kotim dukung peningkatan pembinaan umat Kaharingan, kalteng, sampit, kotim, kotawaringin Timur, DPRD kotim, ary dewar

Legislator Kotim dukung peningkatan pembinaan umat Kaharingan

Anggota DPRD Kotawaringin Timur H Ary Dewar (tengah) disambut upacara adat Dayak saat menghadiri perayaan Dharma Santi Nyepi oleh Keluarga Besar Umat Hindu Kaharingan Kecamatan Cempaga Hulu pada Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1945 tahun 2023 di Desa Bukit Raya, Sabtu (13/5/2023) lalu. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah H Ary Dewar meminta pemerintah meningkatkan bantuan untuk pembinaan umat seluruh agama, termasuk umat Kaharingan. 

"Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mendukung seluruh warganya untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing. Tidak terkecuali warga kita yang beragama Hindu Kaharingan, juga berhak mendapat dukungan itu," kata Ary Dewar di Sampit, Jumat. 

Ary mengaku sangat menghargai dan menghormati keberagaman, termasuk dalam hal keyakinan yang merupakan hak pribadi masing-masing. Semua hidup rukun berdampingan dengan suasana kekeluargaan yang kuat. 

Ketua Fraksi Gerindra ini kerap mendapat undangan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan umat Kaharingan. Dirinya dengan senang hati untuk memenuhi undangan tersebut ketika waktu pelaksanaannya tidak berbenturan dengan kegiatan di DPRD. 

Seperti Sabtu (13/5) lalu, Ary diundang menghadiri perayaan Dharma Santi Nyepi oleh Keluarga Besar Umat Hindu Kaharingan Kecamatan Cempaga Hulu pada Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1945 tahun 2023 di Desa Bukit Raya. 

Kegiatan ini mengambil tema "Melalui dharma agama dan dharma negara kita sukseskan pesta demokrasi Indonesia", sedangkan subtema kegiatan yaitu "Melalui pelayanan dan pembinaan nyata dengan handep hapakat, kita sukseskan pesta demokrasi Indonesia".

Baca juga: RSUD Murjani jadi pusat layanan empat penyakit

Kehadiran Ary pun disambut antusias umat Kaharingan yang hadir dalam acara itu. Ary memang sudah dikenal dan sering hadir memenuhi undangan sehingga legislator dari daerah pemilihan setempat ini sudah sangat dekat dengan masyarakatnya. 

Ary sekaligus berdialog dengan umat Kaharingan. Berbagai aspirasi diterimanya, seperti harapan dukungan terkait rumah ibadah, hingga kegiatan keagamaan umat Kaharingan. 

Usulan-usulan itu akan disampaikannya saat rapat dengan pihak eksekutif. Dia berharap pemerintah daerah bisa memenuhi usulan-usulan yang disampaikan sebagai wujud peningkatan dukungan terhadap pembinaan keagamaan umat Kaharingan. 

Selaku anggota DPRD, Ary pun tidak ragu mengarahkan program pokok pikiran untuk membantu balai basarah atau rumah ibadah umat Hindu Kaharingan. Dia akan mengupayakan bantuan itu sesuai dengan kemampuan kondisi anggaran yang tersedia. 

"Pembinaan keagamaan secara tidak langsung juga membantu tugas pemerintah dalam pembinaan masyarakat. Bidang keagamaan juga mampu mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan, keamanan dan ketertiban. Untuk itu, sudah seharusnya pemerintah daerah terus meningkatkan dukungan terhadap bidang keagamaan," demikian Ary Dewar. 

Baca juga: KONI Kotim berharap segera ada keputusan pelaksanaan Porprov Kalteng

Baca juga: PT BMW tingkatkan koordinasi dengan pemerintah dan masyarakat sebelum berproduksi

Baca juga: Stadion berstandar nasional diharapkan pemacu kebangkitan prestasi sepak bola Kotim