KONI Kotim berharap segera ada keputusan pelaksanaan Porprov Kalteng

id KONI Kotim berharap segera ada keputusan pelaksanaan Porprov Kalteng, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, KONI kotim, ahyar Umar, porprov kalt

KONI Kotim berharap segera ada keputusan pelaksanaan Porprov Kalteng

Ketua KONI Kabupaten Kotawaringin Timur Ahyar Umar. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berharap segera ada keputusan terkait waktu pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII agar bisa tetap sesuai rencana awal yaitu dilaksanakan pada Juni 2023.

"Kita tunggu kabar dari Pak Gubernur. Kalau dalam dua atau tiga hari ini sudah ada keputusan maka Porprov masih bisa dilaksanakan di akhir Juni," kata Ketua KONI Kotawaringin Timur, Ahyar Umar di Sampit, Rabu. 

Rapat gabungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan KONI Provinsi Kalimantan Tengah di aula rumah jabatan bupati pada Senin (11/4/2022) lalu memutuskan bahwa Porprov XII Kalimantan Tengah digelar di Sampit pada Juni 2023. Untuk penentuan tanggalnya diserahkan kepada gubernur untuk menyesuaikan agenda pemerintah provinsi. 

Hasil rapat tersebut juga disampaikan kepada gubernur sebagai rekomendasi, selanjutnya agar dibuat panitia. Namun ternyata hingga kini pemerintah provinsi belum memutuskan. 

Ahyar menjelaskan, posisi Kabupaten Kotawaringin Timur hanya sebagai tuan rumah, sedangkan kewenangan ada di tangan pemerintah provinsi. Perhelatan akbar olahraga di Bumi Tambun Bungai ini tidak bisa dilaksanakan tanpa keputusan pemerintah provinsi. 

Meski belum ada kepastian waktu pelaksanaan, saat ini Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus melakukan persiapan. Semua venue atau tempat pertandingan dipastikan segera rampung. 

Baca juga: Stadion berstandar nasional diharapkan pemacu kebangkitan prestasi sepak bola Kotim

Selaku tuan rumah yang juga menarget prestasi juara umum Porprov XII, pembinaan atlet Kotawaringin Timur juga terus dilakukan. Persiapan tetap dijalankan sehingga semua sudah siap ketika ada keputusan waktu pelaksanaan Porprov. 

Untuk meminta kepastian, KONI bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotawaringin Timur rencananya akan berangkat ke Palangka Raya untuk meminta kepastian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tentang waktu pelaksanaan Porprov. 

Dia berharap segera ada keputusan agar tidak terlambat dan berbenturan dengan jadwal persiapan Pra PON. Saat ini KONI tetap menjalankan persiapan sesuai jadwal, seraya menunggu keputusan dari pemerintah provinsi. 

"Kalau bisa jangan akhir Juli karena jadwal Pra PON pada Juli itu sudah padat. Kami sudah berkoordinasi dengan KONI pusat terkait jadwal Pra PON tersebut," kata Ahyar. 

Sementara itu Bupati Halikinnor saat meninjau perkembangan renovasi Stadion 29 November Sampit mengatakan, pemerintah daerah terus melakukan persiapan. Semua tempat pertandingan diupayakan selesai pada awal Juni. 

"Kita berharap Porprov tetap dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur karena venue atau tempat pertandingan sudah siap semua  Tinggal keputusan Gubernur kapan waktu pelaksanaannya. Kalau Porprov diputuskan dilaksanakan pada akhir Juni atau awal Juli, kita siap," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Pemkab Kotim tegaskan tetap persiapkan Porprov Kalteng

Baca juga: Legislator Kotim desak jalan Cempaga-Seranau diperbaiki

Baca juga: Dinas Kesehatan Kotim akui DBD mulai meningkat