Petugas diminta pantau kesehatan jamaah calon haji

id Petugas haji diminta pantau kesehatan jamaah calon haji, kalteng, kapuas, Haji, jch

Petugas diminta pantau kesehatan jamaah calon haji

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Sri Umi Daryatun. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sri Umi Daryatun, meminta kepada petugas medis pendamping jamaah calon haji (JCH), bisa bekerja semaksimal mungkin untuk menjaga dan memantau kesehatan jemaah haji selama beribadah di Tanah Suci.

"Karena cuacanya sangat panas, semoga petugas kesehatan segera merespon apapun yang menjadi keluhan jemaah haji selama melakukan ibadah di sana,” harap Sri Umi Daryatun di Kuala Kapuas, Kamis.

Anggota Komisi I DPRD kabupaten setempat ini, juga berharap jamaah calon haji asal daerah setempat, semoga dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, juga mengapresiasi panitia pelepasan dan pemberangkatan jemaah calon haji tahun 1444 H/2023. Acara seremonial pelepasan dan pemberangkatan yang dilakukan di Masjid Agung Al-Mukkaram Amanah Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas berjalan dengan lancar.

"Sampai dengan pemberangkatan menggunakan armada bus menuju ke Asrama Haji Banjarmasin, berjalan dengan baik. Saya tentunya apresiasi panitia pelaksana tahun ini semua instansi/ dinas terkait karena mulai dari keberangkatan tadi berjalan tertib dan aman," katanya.

Wakil rakyat yang terpilih dari daerah pemilihan Kapuas IV meliputi Kecamatan Kapuas Hilir, Dadahup, Kapuas Murung, dan Pulau Petak ini, mendoakan kepada 377 jamaah calon haji Kabupaten Kapuas yang berangkat bisa selamat sampai tujuan dan selalu dalam keadaan sehat.

Baca juga: Ratusan JCH Kapuas diberangkatkan ke asrama embarkasi Haji Banjarbaru

"Dimulai dari keberangkatan sampai kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan sehat wal afiat. Semoga menjadi haji yang mabrur," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, Hamidhan mengatakan, jamaah calon haji asal Kapuas berjumlah 377 orang yang terdiri dari 181 orang laki-laki dan 196 perempuan yang terbagi menjadi 3 kelompok terbang. 

"Kloter tiga yang berangkat pada hari ini menuju asrama haji Banjarmasin berjumlah 320 calon haji," kata Hamidhan.

Kemudian, kloter 6 yang berangkat pada 4 Juni 2023 berjumlah 36 orang dan kloter 7 yang berangkat pada 6 Juni berjumlah 21 orang. 

"Untuk keberangkatan kloter 3 hari ini panitia daerah menyiapkan 10 bus, patwal Polres Kapuas, Dishub, Satpol PP dan 4 unit truk untuk angkutan barang," terangnya.

Untuk jemaah calon haji tertua atas nama Armiyah berusia 85 tahun dan termuda usia 18 tahun atas nama Muhamnad Zaid dan Muhammad Sahdani. 

Baca juga: 320 orang JCH Kapuas siap diberangkatkan

Baca juga: Sejumlah ibu-ibu di Kapuas Timur diberi edukasi terkait KDRT

Baca juga: Mantan Kades Danau Pantau ditangkap diduga korupsi dana desa