Ratusan JCH Kapuas diberangkatkan ke asrama embarkasi Haji Banjarbaru

id JCH kapuas, kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kalteng, Plt Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor

Ratusan JCH Kapuas diberangkatkan ke asrama embarkasi Haji Banjarbaru

Ratusan jemaah calon haji Kabupaten Kapuas, berkumpul di Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas bersiap untuk diberangkatkan, Rabu (31/5/2023). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ratusan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, resmi diberangkatkan menuju Asrama Embarkasi Haji Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (31/5) pagi.

"Tidak ada kebahagiaan selain berangkat haji. soalnya cita-cita serta program hidup sudah tercapai," kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor usai melepas  ratusan JCH setempat, di Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas. 

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini mengatakan, bahwa para jemaah calon haji merupakan orang yang paling sangat berbahagia. 

"Jagalah kesehatan dan akhlak di sana (Tanah Suci). Insya Allah pulang ke Kapuas lagi menjadi haji yang mabrur," harap Nafiah Ibnor.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas, Hamidhan mengatakan, jemaah calon haji asal Kapuas berjumlah 377 orang yang terdiri dari 181 orang laki-laki dan 196 perempuan yang terbagi menjadi 3 kelompok terbang. 

"Kloter tiga yang berangkat pada hari ini menuju asrama haji Banjarmasin berjumlah 320 calon haji," kata Hamidhan.

Baca juga: 320 orang JCH Kapuas siap diberangkatkan

Kemudian, lanjutnya, kloter 6 yang berangkat pada 4 Juni 2023 berjumlah 36 orang dan kloter 7 yang berangkat pada 6 Juni berjumlah 21  orang. 

"Untuk keberangkatan kloter 3 hari ini panitia daerah menyiapkan 10 bus, patwal Polres Kapuas, Dishub, Satpol PP dan 4 unit truk untuk angkutan barang," terangnya.

Sedangkan untuk jemaah calon haji tertua atas nama Armiyah berusia 85 tahun dan termuda usia 18 tahun atas nama Muhamnad Zaid dan Muhammad Sahdani. 

Baca juga: Sejumlah ibu-ibu di Kapuas Timur diberi edukasi terkait KDRT

Baca juga: Belasan pelajar di Kapuas ikuti pemilihan Duta Generasi Berencana

Baca juga: Kapuas dinobatkan Penyelenggara Kearsipan Kinerja Terbaik di Kalteng