Pemkab Kobar bagikan 104 ekor hewan kurban

id Pemkab Kobar bagikan 104 ekor hewan kurban, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, Idul adha, kurban

Pemkab Kobar bagikan 104 ekor hewan kurban

Penjabat Bupati Kabupaten Kobar Budi Santosa saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada pengurus Masjid Agung Pangkalan Bun, Rabu (28/6/2023) ANTARA/Safitri RA

Pangkalan Bun (ANTARA) - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menyalurkan bantuan hewan kurban, yakni sebanyak 104 ekor sapi untuk 6 kecamatan di daerah ini.

"Sebanyak 104 ekor sapi ini, nantinya akan kita serahkan ke beberapa pengurus masjid, mushalla, pondok pesantren dan TPA Islam yang ada di 6 kecamatan ini," kata Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa di Pangkalan Bun, Rabu.

Budi Santosa mengatakan, penyerahan hewan kurban ini, merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat, khususnya umat Islam yang akan melaksanakan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha.

"Pemerintah pada tahun ini menyerahkan kurang lebih 86 ekor sapi, yang bersumber dari dana hibah pemerintah dan 18 ekor sapinya merupakan bantu dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Kobar," beber Budi.

Dia mengungkapkan, hewan kurban yang akan di serahkan ini merupakan hewan yang di beli dari peternakan lokal. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya bentuk dukungan pemerintah terhadap pemberdayaan peternak lokal yang ada di Kabupaten Kobar.

Baca juga: Pemkab Kotawaringin Barat prioritaskan penanganan stunting

"Sapi sapi ini merupakan hasil ternak yang di pelihara di sentra peternakan rakyat di wilayah Kabupaten Kobar," ucapnya.

Tidak lupa juga, ia atas nama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat mengucapkan terima kasih, kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangan sapi sapi tersebut.

"Saya berharap kolaborasi antara pemerintah, PHBI dan para pengusaha di Kobar, bisa terjalin dengan baik, hal ini demi pembangunan masyarakat di kabupaten Kobar yang lebih sejahtera," ungkapnya.

Budi juga berpesan kepada para camat, lurah, kepala desa serta Dinas Pertanian untuk bisa mengawal pelaksanaan pemotongan hewan kurban, dan pendistribusian hewan kurban.

"Saya minta penyaluran hewan kurban ini, benar benar bisa tersampaikan kepada masyarakat kita yang lebih membutuhkan," demikian Budi.

Baca juga: Penanaman mangrove di pesisir pantai langkah strategis pemulihan ekosistem

Baca juga: Disperindag Kobar dorong UMKM optimalkan digitalisasi dalam pengembangan usaha

Baca juga: KPU Kotawaringin Barat tetapkan DPT sebanyak 200.520 orang