Bupati Bartim ajak masyarakat budayakan tertib berlalu lintas

id Pemkab bartim, bupati bartim, ampera ay mebas, operasi patuh telabang, tertib berlalu lintas, ampah, tamiang layang, bartim, barito timur

Bupati Bartim ajak masyarakat budayakan tertib berlalu lintas

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memberikan keterangan pers usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang 2023 di Tamiang Layang, Senin (10/7/2023). (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengajak masyarakat untuk membudayakan tertib berlalu lintas agar terhindar dari kecelakaan yang berakibat fatal.

“Operasi Patuh Telabang ini merupakan momen yang tepat dan sangat diharapkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas meningkat,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, pentingnya kesadaran diri dalam berlalu lintas dan bagaimana perilaku setiap individu dapat mempengaruhi keselamatan dan kelancaran lalu lintas, khususnya di wilayah Barito Timur.

Ampera juga menekankan dalam upaya Operasi Patuh Telabang itu merupakan upaya penting untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Dalam berkendara, kata Ampera, haruslah memiliki tingkat kesadaran yang tinggi. Dengan Operasi Patuh Telabang 2023 yang dilaksanakan Polres Barito Timur, maka hal tersebut menjadi pengingat bagi masyarakat untuk tetap dan terus tertib dalam berlalu lintas.

“Sedari awal hendaknya masyarakat bisa tertib berlalu lintas dan operasi ini lebih mengingatkan kembali,” kata Ampera.

Baca juga: Bupati: Pemkab telah alokasikan anggaran cukup besar tuntaskan infrastruktur di Bartim

Ampera sendiri meyakini kecelakaan dapat dihindari jika setiap individu mengutamakan keselamatan dan mengikuti aturan lalu lintas dengan baik.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah budaya di masyarakat kita di Barito Timur,” harap Ampera AY mebas.

Dalam menghadiri Operasi Patuh Telabang 2023, Bupati Barito Timur Ampera juga mengapresiasi langkah kebijakan Polri, khususnya Polres Barito Timur dalam menertibkan dan menciptakan budaya tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela mengatakan, dalam Operasi Patuh Telabang 2023, pihaknya mengedepankan tindakan preventif dan edukatif kepada masyarakat.

“Tindakan preventif yakni di antaranya melaksanakan penjagaan dan pengaturan di beberapa titik lokasi yang ramai atau rawan kecelakaan lalu lintas,” kata Viddy.

Selain itu, tambah Viddy, pihaknya juga melaksanakan kegiatan edukasi masyarakat tentang bagaimana tertib berlalu lintas dan manfaatnya. Hal ini lebih intens dilaksanakan agar masyarakat memiliki budaya tertib berlalu lintas.

Baca juga: Legislator Bartim dukung penataan lokasi wisata Nariuk

Baca juga: Karyawan perusahaan sawit ditemukan tewas di Bartim

Baca juga: Polres Bartim diminta konsisten jaga kamtibmas jelang Pemilu 2024