Pelaku perusakan bangunan SDN Datarlimus ditangkap

id perusakan bangunan SDN,Polsek Lengkong, Resor Sukabumi ,kalteng

Pelaku perusakan bangunan SDN Datarlimus ditangkap

Kondisi salah satu ruang kelas SDN Datarlimus di Kampung Sukalmuya, Desa Cibadak, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang amburadul akibat dirusak oleh pemuda berinisial E (27) yang merupakan ODGJ pada Minggu, (23/7). Antara/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polsek Lengkong, Resor Sukabumi berhasil mengungkap kasus perusakan bangunan SDN Datarlimus yang berlokasi di Kampung Sukamulya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan menangkap seorang pemuda berinisial E (27) yang diduga pelaku perusakan.

"Dari hasil penyelidikan dan meminta keterangan kepada sejumlah saksi, pelaku perusakan bangunan SDN Datarlimus yang berada di Desa Cibadak, Kecamatan Pabuaran pada Minggu, (23/7) mengarah kepada E," kata Kapolsek Lengkong Iptu Endang Slamet di Sukabumi pada Selasa, (25/7).
 
Menurut Endang, setelah ditelusuri ternyata E merupakan warga sekitar yang rumahnya tidak jauh dari SDN Datarlimus. Personel Polsek Lengkong pun langsung melakukan penjemputan terhadap E di rumahnya pada Senin, (24/7) siang.
 
Menurut keterangan dari orang tua dan keluarganya, E sudah lama mengidap penyakit kejiwaan atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dari 2020 lalu. Meskipun sering menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit, namun kondisinya tidak kunjung sembuh.
 
Dengan status E sebagai ODGJ, maka pihaknya tidak melakukan penahanan dan antisipasi terjadinya kasus serupa, Polsek Lengkong berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Cibadak dan petugas kesehatan Puskesmas Pabuaran untuk membawa pemuda itu ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi agar bisa mendapatkan perawatan.
 
"Keterangan dari warga sekitar dan keluarganya, E memang kerap mengamuk dan melakukan perusakan. Sehingga antisipasi kejadian serupa dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan terhadap warga, maka E dievakuasi ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi," tambahnya.
 
Endang mengatakan aksi perusakan yang dilakukan E ternyata bukan yang pertama kalinya, beberapa waktu lalu pemuda ini pun merusak bangunan majelis taklim dan rumah warga yang lokasinya tidak jauh dari SDN Datarlimus.
 
Akibat aksi perusakan tersebut, beberapa ruang kelas dan ruangan lainnya di SDN Datarlimus rusak mulai dari bagian pintu, kaca jendela, hingga berbagai peralatan serta perlengkapan kegiatan belajar dan mengajar (KBM). Kerugian akibat perusakan ini ditaksir mencapai Rp20 juta.