Teras Narang ajak generasi muda cerdas dalam memilih calon

id Kalimantan Tengah, kalteng, Agustin Teras Narang, Teras Narang, dpd ri, anggota dpd ri, senator kalteng, pemilu, pemilu 2024

Teras Narang ajak generasi muda cerdas dalam memilih calon

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat menjadi narasumber di forum Parlemen Menjawab yang digelar RRI di Palangka Raya, Rabu (9/8/2023). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang mengingatkan sekaligus mengajak semua elemen masyarakat, terutama generasi muda, agar lebih bersungguh-sungguh menjadi pemilih cerdas dalam pemilihan umum Tahun 2024.

Keberadaan pemilih dari kalangan generasi muda sangat penting di pemilu tahun 2024 karena jumlahnya mencapai 60 persen, kata Teras Narang saat menjadi narasumber dalam forum Parlemen Menjawab yang digelar oleh Radio Republik Indonesia (RRI) di Palangka Raya, Rabu.

"Jadi, generasi muda harus cerdas dan kritis melihat kualitas maupun kecerdasan orang-orang yang nantinya dipilih dalam pemilu 2024," ucapnya.

Menurut mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini, pemilu merupakan milik seluruh rakyat Indonesia. Untuk itu, sudah sewajarnya dan sepantasnya semua elemen bergerak dalam mengawal sekaligus mensukseskan pemilu 2024.

"Kita harus menjadikan Pemilu 2024 sebagai momen perubahan, agar jangan sampai menyesal 5 tahun berikutnya," kata Teras Narang yang saat ini menjabat Anggota DPD RI.

Dalam forum Parlemen Menjawab itu, dirinya juga memaparkan peran, tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Di mana DPD RI merupakan perwakilan daerah di parlemen, yang memiliki peran mengawal kepentingan daerah dalam program-program pembangunan yang digagas oleh pusat, termasuk mendorong usulan program hingga produk legislasi bagi kemajuan bangsa.

Baca juga: Misi pelestarian orang utan perlu ada terobosan, kata Teras Narang

Dia pun mencontohkan apa yang telah dilakukan dan dikerjakan sebagai anggota DPD RI mewakili Kalteng, yakni mengawal proyek food estate, agar tidak berujung pada kerusakan lahan. Pengawalan ini termasuk lewat komunikasi dengan Menteri Pertanian sebagai mitra di Komite II DPD RI, sehingga food estate berdampak pada kesejahteraan petani, masyarakat, dan daerah.

"Ada peran-peran lain yang juga dikerjakan dan senantiasa dikomunikasikan ke publik melalui sosial media maupun pemberitaan. Secara prinsip, DPD RI memiliki peran yang penting dalam mendorong serta mengawal hadirnya pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat daerah," kata Teras Narang.

Forum Parlemen Menjawab yang diselenggarakan RRI tersebut turut menghadirkan Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Ketua KPU Kalteng Sastriadi, Presiden BEM Universitas Palangka Raya sebagai narasumber.

Baca juga: Perjuangkan kuota putra lokal di FK UPR, Teras Narang usul bentuk Forum Peduli Pendidikan

Baca juga: Teras Narang siap dukung keseriusan Desa Papuyu III kembangkan mangrove

Baca juga: Teras Narang lepas Tim Ekspedisi Kahayan Mapala FE UPR