TP PKK Pulang Pisau diminta berperan aktif turunkan angka stunting

id Pemkab pulang pisau, sekda pulang pisau, tony harsinta, tp pkk pulang pisau, stunting, pulpis, pulang pisau

TP PKK Pulang Pisau diminta berperan aktif turunkan angka stunting

Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta menerima piala bergilir dari TP PKK Kecamatan Sebangau Kuala untuk diperebutkan kembali dalam Jambore Kader PKK tahun ini.  (ANTARA/Adi Waskito)

Pulang Pisau (ANTARA) - Sekretaris Daerah Pulang Pisau, Kalimantan Tengah Tony Harisinta meminta peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51 dan Jambore Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat kabupaten menjadi momentum bagi Tim Penggerak (TP) PKK di semua tingkatan berperan aktif bersama pemerintah menurunkan angka stunting.

"TP PKK sebagai organisasi mitra pemerintah yang berhubungan langsung dengan keluarga harus bisa menjadi ujung tombak untuk ikut bersama menurunkan angka stunting,” katanya di Pulang Pisau, Kamis.

Dia menjelaskan, PKK juga mempunyai peran mendukung jalannya program pembangunan dikarenakan PKK bisa menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan mengambil peran mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Setiap kader PKK, kata dia, harus bisa lebih berinovasi di berbagai kegiatan yang dilakukan yaitu melalui partisipasi dan pemberdayaan. Tanpa adanya sinkronisasi program dan kegiatan dengan perangkat daerah, pastinya program PKK tidak dapat selaras dengan tujuan program pemerintah yang mau dicapai. 

“Sinkronisasi dengan pemerintah dan berbagai pihak menjadi hal yang sangat mendasar dan memiliki arti dalam mengimplementasikan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” ucapnya.

Baca juga: Dinkes Pulang Pisau: Bidang farmasi berkontribusi pacu pertumbuhan ekonomi

Menurut Tony Harisinta, setiap kader PKK memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga. Ada hal yang perlu diketahui bahwa keluarga merupakan pondasi awal, juga modal dasar dalam pembangunan khususnya di lingkungan sosial.

Dia mengatakan, pada HKG ke-51 PKK yang mengusung tema "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh" yang artinya PKK memang hadir untuk berbakti bagi bangsa dan negara. 

PKK Pulang Pisau mampu membangun kebersamaan dan keterpaduan yang harus dicurahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Mendukung program dan kebijakan pemerintah untuk ikut menjadi pelopor, juga pembaharuan dalam meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat.

Ketua TP PKK Pulang Pisau Sari Parwati Tony Harisinta menyampaikan, sesuai tema "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh" memiliki arti bagi TP PKK kabupaten untuk menggerakkan seluruh aspek mulai dari tim penggerak PKK, kader PKK, serta seluruh kader Dasawisma untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih maju.

"Pola pendekatan pemberdayaan keluarga yang bertumpu pada penggerakan peran serta masyarakat harus menjadi ciri khas tim penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan," jelasnya.

Baca juga: KONI Pulang Pisau: Pembinaan atlet lokal torehkan prestasi membanggakan

Baca juga: Bupati Pulang Pisau paparkan pencapaian visi sebelum akhiri masa jabatan

Baca juga: DPRD usulkan nama Tony Harisinta calon Pj Bupati Pulang Pisau