Ikuti Raimuna Nasional, kemampuan Pramuka Gumas diharap meningkat

id Ikuti Raimuna Nasional, kemampuan Pramuka Gumas diharap meningkat, kalteng, gumas, Gunung mas, pramuka

Ikuti Raimuna Nasional, kemampuan Pramuka Gumas diharap meningkat

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing (kanan) menyerahkan bendera kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka kabupaten Mimie Mariatie Jaya S Monong, saat pelepasan kontingen Raimuna Nasional di Kuala Kurun, Rabu (9/8/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing memberangkatkan kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka setempat untuk mengikuti Raimuna Nasional XII di Jakarta, 14-21 Agustus 2023.

“Dengan mengikuti Raimuna Nasional XII, saya harap nantinya kemampuan dan kecakapan Pramuka Gunung Mas akan semakin meningkat,” ucapnya usai melepas kontingen di Kuala Kurun, Rabu.

Dia juga meminta seluruh kontingen Pramuka Gunung Mas untuk menjaga kekompakan, memupuk persaudaraan, dan nama baik kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ selama mengikuti kegiatan.

Pramuka bertujuan untuk menciptakan pemuda berkebangsaan, berkecakapan dan berkarakter. Hal itu sejalan dengan salah satu program unggulan kepala daerah yakni smart human resources atau sumber daya manusia yang unggul.   

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas mendukung penuh berbagai kegiatan kepramukaan, termasuk mengikuti Raimuna Nasional XII yang akan dipusatkan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur.

Baca juga: Wabup Gunung Mas apresiasi donor darah sambut HUT Polwan

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Gunung Mas secara simbolis juga menyerahkan uang saku dan berbagai kelengkapan untuk mengikuti Raimuna Nasional, kepada perwakilan kontingen.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya S Monong menyampaikan, Raimuna Nasional merupakan ajang pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega seluruh Indonesia.

Kontingen Pramuka Gunung Mas terdiri dari dua umpi putra dan dua umpi putri, dengan jumlah keseluruhan 32 orang. Selain itu ada juga dua orang pimpinan kontingen cabang, satu pembina pendamping peserta, satu dokter kontingen, dan delapan orang pembina pendamping kontingen.

“Jadi total peserta kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Gunung Mas berjumlah 44 orang,” kata Mimie.

Rencananya kontingen Pramuka Gunung Mas akan berangkat menuju Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan menggunakan jalur darat. Lalu menggunakan armada kapal ke Pulau Jawa, berlanjut hingga Jakarta.

Baca juga: DPRD Gunung Mas segera lakukan RDP terkait PT BMB

Baca juga: Peran aktif Bunda PAUD bantu wujudkan pendidikan usia dini berkualitas

Baca juga: Bupati Gumas berharap MTQ tingkatkan kebersamaan dan kekeluargaan