Wabup Gunung Mas apresiasi donor darah sambut HUT Polwan

id Pemkab gunung mas, wabup gumas, efrensia lp umbing, donor darah, hut polwan, polisi wanita, kuala kurun, gumas, gunung mas

Wabup Gunung Mas apresiasi donor darah sambut HUT Polwan

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing bersama Kapolres AKBP Asep Bangbang Saputra dan lainnya, melihat langsung pelaksanaan donor darah dalam rangka HUT ke-75 Polwan di Taman Kota Kuala Kurun, Rabu (9/8/2023). (ANTARA/HO-Polres Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing menyambut baik pelaksanaan donor darah yang dilakukan Polwan Polres setempat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75.

Pelaksanaan donor darah membantu Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memenuhi kebutuhan terhadap darah, ucap Efrensia yang juga selaku Ketua PMI Gunung Mas di Kuala Kurun, Rabu.

“Beberapa waktu terakhir ini kebutuhan terhadap darah mengalami peningkatan. Oleh sebab itu, PMI Gunung Mas menyambut baik jika ada kegiatan donor darah seperti ini,” sambungnya.

Selama pelaksanaan kegiatan, PMI Gunung Mas mendata para pendonor. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu diperlukan, PMI mudah menghubungi para pendonor tadi untuk membantu memenuhi kebutuhan terhadap darah.

Di sisi lain, dia juga berharap sekaligus mendorong berbagai pihak lainnya agar mau melakukan donor darah. Nantinya PMI Gunung Mas siap memfasilitasi pelaksanaan donor darah tersebut.

Baca juga: DPRD Gunung Mas segera lakukan RDP terkait PT BMB

Dia pun mengimbau masyarakat untuk mau melakukan donor darah secara rutin, karena ada banyak manfaat yang didapat tubuh. Manfaat yang dimaksud antara lain dapat mendeteksi penyakit serius, menurunkan risiko penyakit jantung, dan lainnya.

Sementara itu, Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra menyampaikan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Polwan.

Adapun yang terlibat dan hadir dalam kegiatan tersebut yakni seluruh Polwan Polres, Ketua Bhayangkari Cabang Gunung Mas beserta pengurus, Kapolres Gunung Mas beserta pejabat utama, dan lainnya.

Setidaknya, sambung dia, ada 110 orang yang hadir pada saat kegiatan donor darah. Kegiatan diawali dengan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan hemoglobin, serta pengambilan darah jika memenuhi syarat.

“Melalui kegiatan ini saya harap kita semua semakin menyadari manfaat donor darah untuk kesehatan. Ini sekaligus membantu sesama dan masyarakat yang membutuhkan darah,” demikian Asep Bangbang Saputra.

Baca juga: KLHK tetapkan hutan adat seluas 68.326 hektare di Gunung Mas

Baca juga: Peran aktif Bunda PAUD bantu wujudkan pendidikan usia dini berkualitas

Baca juga: Bupati Gumas berharap MTQ tingkatkan kebersamaan dan kekeluargaan