Dinas Pendidikan Palangka Raya dukung Pramuka dalam Kurikulum Merdeka

id Disdik Palangka Raya,Wali Kota Palangka Raya,Pramuka,Kwartir Cabang Palangka Raya,Raimuna,dukung pramuka dalam kurikulum

Dinas Pendidikan Palangka Raya dukung Pramuka dalam Kurikulum Merdeka

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin berfoto bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayani (kaos merah) dan Peserta Raimuna Nasional XII Kontingen Kwartir Cabang Palangka Raya di Aula Rumah Jabatan Wali Kota setempat, beberapa waktu lalu. ANTARA/Dokumentasi PribadiĀ 

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendukung Gerakan Pramuka di daerah setempat dalam Kurikulum Merdeka karena hal itu bisa membantu pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa, terlebih salah satu ekstrakurikuler di sekolah adalah pramuka.

"Kegiatan pramuka sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk implementasi pengembangan pendidikan karakter peserta didik di Kota Palangka Raya," Kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani, Rabu.

Jayani menuturkan, seperti baru-bru ini mendampingi Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin melepas secara resmi Peserta Raimuna Nasional XII Kontingen Kwartir Cabang Palangka Raya, Disdik sangat mengapresiasi atas hal tersebut.

"Mudah-mudahan pramuka terus dihidupkan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia, itu bisa lewat kepramukaan sebagai salah satu pendorong jiwa patriot. Ini juga signergi dengan kurikulum merdeka belajar," katanya.

Ia menegaskan, pendidikan merupakan taman tempat tumbuh kembang generasi bangsa yang diistilahkan oleh Ki Hajar Dewantara dengan nama taman siswa. Dalam taman ini dilakukan, penyemaian dan pembentukan perilaku individu yang dipupuk dalam proses penyelenggaraan pendidikan.

Baca juga: Pemkot pastikan Stok beras di Palangka Raya aman sampai akhir 2023

Kemudian, fungsi pendidikan secara umum adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa. Menilik fungsi tersebut, pendidikan bagaikan candradimuka tempat penggemblengan generasi bangsa sehingga menjadi pribadi yang kuat, terlatih dan tangkas.

Bahkan dalam proses penggemblengan tersebut, tidak lepas dari kurikulum yang dirancang sebagai pedoman penyelenggaraan bagi satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

"Yakni pendidikan karakter yang berporos pada Profil Pelajar Pancasila, kemudian itu selaras dalam kurikulum merdeka, ini akan berujung pada tercapainya Profil Pelajar Pancasila," bebernya.

Ditambahkan Jayani, bahwa benang merah Profil Pelajar Pancasila dengan pramuka sangat relevansi dalam ekstrakurikuler kepramukaan. Pramuka nyata dapat bersinergi secara koheren dalam menguatkan pendidikan karakter di sekolah yang saat ini mengimplementasikan kurikulum merdeka.

"Itu juga sinergi dengan visi dan misi wali kota, yakni mewujudkan Kota Palangka Raya yang maju, makmur sejahtera untuk semua lapisan masyarakat," demikian Jayani.

Baca juga: Paskibraka Palangka Raya siap tampil maksimal di HUT ke-78 RI

Baca juga: DPRD Palangka Raya ingatkan warga waspadai karhutla di musim kemarau

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat sukseskan tahapan Pemilu 2024