LT III dan Raimuna menjadi upaya memajukan kepramukaan di Gunung Mas

id Pemkab gunung mas, pramuka gunung mas, bupati gunung mas, jaya s monong, kuala kurun, kwartir cabang, gumas, gunung mas

LT III dan Raimuna menjadi upaya memajukan kepramukaan di Gunung Mas

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong didampingi Ketua Kwarcab Mimie Mariatie Jaya S Monong, unsur Forkopimda, dan lainnya membuka LT III ditandai dengan pemukulan kentungan di Kuala Kurun, Jumat (24/2/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah terus berupaya memajukan kepramukaan di wilayah setempat, salah satunya melalui pelaksanaan Lomba Tingkat (LT) III dan Raimuna Cabang yang dipusatkan di Kuala Kurun pada 24-26 Februari 2023.

Bupati Jaya S Monong yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Gunung Mas, saat membuka kegiatan, Jumat sore, mengatakan, LT III merupakan kegiatan untuk lomba ketangkasan, keterampilan dan kedisiplinan bagi Pramuka Penggalang.

“Pada LT III ini adik-adik Pramuka Penggalang dapat pengembangan penghayatan kode kehormatan berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, menambah keterampilan dan sahabat, serta kesan yang baik dan persatuan di kalangan Pramuka Penggalang melalui sistem beregu,” sambungnya.

Selain itu, tutur dia, Pramuka Penggalang dapat meningkatkan disiplin pribadi, rasa tanggung jawab dan kesetiaan terhadap regu pasukan, gugus depan, dan organisasi Gerakan Pramuka pada umumnya.

Baca juga: Bupati Gumas sebut pentingnya sinergi bersama PAUD bangun karakter anak

Di sisi lain, Raimuna Cabang merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka.

“Saya mengimbau dan mengingatkan panitia dan peserta agar tetap waspada, dengan cara menjaga protokol kesehatan dalam menjalankan kegiatan LT III dan Raimuna Cabang kali ini,” pinta Jaya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Gunung Mas, Mimie Mariatie Jaya S Monong menyampaikan, LT III dan Raimuna Cabang merupakan salah satu program kerja kwarcab, yang dilaksanakan untuk memajukan kepramukaan di daerah setempat.

Dia menyebut, jumlah peserta, bina damping, pimpinan kontingen, panitia, tim kesehatan, dewan juri, dan lainnya secara keseluruhan berjumlah 554 orang.

Baca juga: Bupati: Gunung Mas bebas frambusia berkat kerja sama seluruh pihak