Ketua DPRD ajak generasi milenial Palangka Raya maknai HUT RI dengan kreasi dan prestasi

id DPRD Palangka Raya,Sigit K Yunianto,Palangka Raya,Kalteng,HUT RI 78, generasi milenial

Ketua DPRD ajak generasi milenial Palangka Raya maknai HUT RI dengan kreasi dan prestasi

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, ANTARA/Dokumen.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mengajak seluruh generasi milenial di daerah itu, memaknai peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai prestasi dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

"Mari isi kemerdekaan ini dengan memaknainya dan mengarahkan kemampuan diri, daya pikir dengan berkreasi dan prestasi dalam berbagai bidang kehidupan di tengah masyarakat," kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.

Ia menjelaskan generasi milenial atau generasi muda merupakan generasi penerus harapan bangsa yang sudah sepatutnya berkontribusi dalam setiap program pembangunan daerah hingga masa mendatang.

Hal itu merupakan wujud nyata dari penghargaan dan penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Para pahlawan sudah mengorbankan diri mereka dalam merebut kemerdekaan ini. Jadi, ayo bersama-sama membangun daerah ini dengan semangat juang seperti para pahlawan dulu," ucap Sigit.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, pemerintah senantiasa memberikan ruang bagi generasi milenial dalam mengaktualisasikan potensi diri dengan aktivitas positif, sehingga 'Kota Cantik' Palangka Raya semakin maju dan berkembang.

Oleh sebab itu, generasi milenial diharapkan dapat mengimplementasikan jiwa nasionalisme, patriotisme dan menjawab tantangan perkembangan era teknologi yang kian berkembang.

"Berpikir maju dan positif, jangan berpikir negatif hingga jauhkan dan tangkal hoaks, supaya bisa mengejar ketertinggalan dan keterbelakangan melalui program pembangunan di masa yang akan datang," ucapnya.

Sigit mengungkapkan bahwa pemerintah daerah terus berupaya memperbaiki kualitas pendidikan, kesehatan, dan meningkatkan sejumlah infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, Sigit mengajak kepada seluruh warga Kota Palangka Raya untuk terlibat aktif memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Memeriahkannya itu sangat mudah saja misalnya pasang bendera merah putih di depan rumah, atau menghias gapura komplek perumahan sehingga kemeriahan HUT Kemerdekaan RI cukup terasa," katanya

selain memasang bendera dan menghias gapura warga juga bisa membuat berbagai perlombaan yang dilaksanakan kapan saja. Perlombaan itu dilaksanakan bentuk warga mengingat bahwa sulitnya para pahlawan merebut kemerdekaan negeri ini dari para penjajah.

Dengan adanya berbagai kegiatan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, tentunya juga akan ada perputaran ekonomi di daerah setempat. Bahkan para pedagang yang menjual bendera serta lain sebagainya juga akan ketiban rejeki.

"Setidaknya pada Agustus 2023 ini perputaran ekonomi juga cukup bagus buat para pedagang bendera serta pernak pernik untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI," katanya.