Polisi selidiki insiden tongkang kayu log hantam rumah warga di Katingan

id Tongkang kayu log hantam rumah warga pinggiran sungai, kalteng, katingan, kasongan, tongkang

Polisi selidiki insiden tongkang kayu log hantam rumah warga di Katingan

Warga beraktivitas di lokasi tongkang kayu log hantam rumah-bangunan warga pinggiran sungai Katingan. ANTARA/HO- Polairud Polres Katingan

Kasongan (ANTARA) - Polisi sedang menyelidiki insiden tongkang bermuatan kayu log menghantam rumah dan bangunan warga pinggir sungai di Kelurahan Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kejadian tersebut berada di RT 06 dan RT 07 Kelurahan Pegatan Hulu, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan, pada Selasa 29 Agustus 2023, sekira pukul 02.30 WIB," kata Kasatpolairud Polres Katingan Iptu Romlan di Kasongan.

Dia menerangkan, di antara bangunan yang roboh akibat dihantam tongkang bermuatan kayu log itu seperti gudang ikan, jembatan serta kapal motor yang tengah bersandar.

Identitas rumah dan harta benda yang hancur akibat tongkang larut tersebut atas nama Iting, dapur rumah miliknya mengalami kerusakan.

"Kemudian, rumah milik Haji Indi mengalami rusak total. Dua unit kapal motor atau log boat milik H. Arnian dan Ono Hanim mengalami kerusakan. Jembatan titian milik Haji Angking mengalami kerusakan total, Imbal dan Gudang milik Haji Andrian dan Ikip juga mengalami kerusakan," jelas Iptu Romlan.

Baca juga: FKPT Kalteng dan BNPT tanamkan nilai toleransi sejak dini

Dia menjelaskan, saat itu posisi tongkang bermuatan kayu tersebut sedang tambat atau berlabuh jangkar di tengah Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan depan pelabuhan penumpang Pegatan.

Akibat datangnya angin kencang membuat tongkang terbawa arus DAS Katingan yang kuat dan angin kencang serta gelombang cukup tinggi sehingga  menghantam permukiman warga di pinggiran sungai.

"Sampai dengan saat ini tidak ditemukan korban jiwa, namun kerugian materil sementara diperkirakan kurang lebih Rp 600 juta. Sampai dengan saat ini warga masih bergotong royong membantu membersihkan rumah warga yang rusak," jelasnya.

Tindakan yang diambil Polairud Polres Katingan mendatangi tempat kejadian perkara, meminta keterangan saksi dan korban serta kerugian. Petugas juga berkoordinasi dengan agen dan kapten kapal atau tugboat, kumpulkan bahan keterangan dan penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Hanya gara-gara diejek, pria ini tusuk warga Desa Hampalit hingga tewas

Baca juga: Kasus Tipikor bantuan PSR di Katingan sudah dilimpahkan ke Pengadilan

Baca juga: Ketua DPRD Katingan ingatkan pemkab harus terus berbenah