Satgas Karhutla Kapuas padamkan kebakaran di Desa Bentuk Jaya

id Satgas Karhutla Kapuaspadamkan kebakarandi Desa Bentuk Jaya, kalteng, kapuas, karhutla

Satgas Karhutla Kapuas padamkan kebakaran di Desa Bentuk Jaya

Tim Satgas Kabupaten Kapuas, melakukan pemadaman Karhutla di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Sabtu (2/9/2023). ANTARA/HO-BPBD Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kembali melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup.

"Kemarin sekitar pukul 14.30 WIB, tim berangkat dari BPBD Kapuas menuju lokasi untuk melaksanakan pemadaman di Desa Bentuk Jaya sampai pukul 17:30 WIB," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Minggu.

Pemadaman dilakukan setelah menindaklanjuti hasil patroli Tim Satgas Gabungan Karhutla di Desa Bentuk Jaya.

Tim Satgas terdiri dari TNI, Polres, Brimob, Manggala Agni Daops Kalimantan ll Kapuas, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Pol PP Damkar dan Balakar 545 Kapuas.

Tim Satgas Gabungan Karhutla berhasil melokalisir area kebakaran, sehingga api tidak merambat lebih luas. 

"Kondisi api padam total, dengan luasan yang terbakar sekitar lima hektare," katanya.

Baca juga: Legislator dukung pelatihan karya tulis ilmiah bagi pelajar di Kapuas

Tim Satgas Karhutla gabungan akan terus memantau dan melakukan upaya patroli di wilayah desa setempat.

"Selanjutnya, tim berkemas dan kembali ke Balai Desa Bentuk Jaya tempat lokasi menginap Tim Satgas Gabungan Karhutla," tuturnya.

Untuk memadamkan kebakaran itu, peralatan dan kelengkapan Tim Satgas yang dibawa terdiri dari kendaraan roda empat 7 unit, roda dua 12 unit, 4 unit mesin pemadam jinjing beserta kelengkapan, 20 buah Alat Pelindung Diri (APD) regu pemadam dan lainnya.

Panahatan kembali mengimbau serta mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, termasuk juga untuk tidak membuang puntung rokok sembarang.

Hal ini dilakukan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kapuas, mengingat saat ini memasuki musim kemarau yang rawan akan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan.

"Semua pihak termasuk masyarakat harus bersama-sama mencegah terjadinya karhutla, karena di musim kemarau saat ini sangat rawan terjadinya kebakaran," demikian Panahatan Sinaga.

Baca juga: Kebakaran di Kapuas hanguskan enam unit rumah warga

Baca juga: Pemkab Kapuas terjunkan puluhan petugas padamkan karhutla di dua kecamatan

Baca juga: Pemda berikan pendidikan politik kepada pemuda di Kapuas