Legislator Palangka Raya berharap perpustakaan jadi etalase kebudayaan daerah

id Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Mukarramah

Legislator Palangka Raya berharap perpustakaan jadi etalase kebudayaan daerah

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Mukarramah . (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Mukarramah berharap perpustakaan bisa menjadi pusat literasi serta dapat dijadikan etalase budaya daerah.

"Perpustakaan bukan hanya berisi karya-karya tertulis, tetapi juga karya-karya tersirat seperti kebudayaan di daerah setempat," katanya di Palangka Raya.

Dia menuturkan, pengembangan perpustakaan digital juga sangat perlu untuk terus didorong. Saat ini perkembangan digitalisasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari karena sudah menjadi kebutuhan.

Sehingga perpustakaan juga harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang saat ini terus berkembang melalui dunia digitalisasi tersebut.

Bahkan, agar dapat mengikuti perkembangan zaman maka peran perpustakaan harus ditingkatkan. Saat ini pengguna perpustakaan banyak yang telah memanfaatkan kemajuan teknologi dalam mencari informasi.

"Oleh sebab itu, pengelola perpustakaan harus dapat menyediakan informasi-informasi yang dapat diakses melalui internet, dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat yang ingin mencari pengetahuan terkait budaya serta hal-hal lainnya," ucapnya.
 
Ditegaskannya, seiring perkembangan ilmu pengetahuan teknologi maka semakin berat pula tugas perpustakaan dalam menyediakan layanan informasi yang dibutuhkan penggunanya.

"Perpustakaan tentunya harus mampu menjadi jembatan informasi masa lalu, masa kini dan masa depan. Sehingga nantinya menjadi media yang efektif dan inovatif terhadap lingkungan yang beragam," beber srikandi di DPRD Kota Palangka Raya tersebut.

Mukarramah juga ingin, apabila perpustakaan sudah terintegrasi melalui dalam jaringan (daring) atau online. Maka masyarakat tentunya akan dimudahkan, baik berkunjung serta mencari buku-buku yang menjadi referensi untuk penulisan atau lain sebagainya. Bahkan selama ini buku-buku yang ada di perpustakaan, sering sekali dijadikan referensi buat pembuatan makalah serta tugas dari kuliah yang diberikan dosen.

"Ya semoga saja apa yang kita inginkan itu dapat terwujud, demi mencerdaskan anak bangsa terkhusus yang berada di daerah setempat dengan menggalakkan gemar membaca," demikian Mukarramah.