Dinkes Kapuas optimalkan Program Pelayanan Kesehatan Bergerak

id Pemkab kapuas, dinkes kapuas, pelayanan kesehatan bergerak, kapuas, kuala kapuas

Dinkes Kapuas optimalkan Program Pelayanan Kesehatan Bergerak

Nakes memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di Desa Barunang dan Dusun Tumbang Mamput, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, belum lama ini. (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah terus mengoptimalkan pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Bergerak yang kini sudah memasuki tahap III.

"Terutama layanan spesialistik yang memang sangat jarang diperoleh masyarakat daerah,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Tonun Irawaty Panjaitan di Kuala Kapuas, Selasa.

Kegiatan tahap III ini dilaksanakan di Desa Barunang dan Dusun Tumbang Mamput, Kecamatan Kapuas Tengah oleh 23 orang tenaga kesehatan.

Para tenaga kesehatan tersebut, yakni 15 orang dari Dinas Kesehatan Kapuas dan 8 orang dari UPT Puskesmas Pujon meliputi 1 orang dokter spesialis anak, 1 orang dokter gigi, 2 orang dokter umum, 2 orang surveilans, 2 orang kesling, 2 orang tenaga analis, 1 orang tenaga apotik terlatih, 8 orang perawat dan 4 orang bidan.

Baca juga: Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Kegiatan yang dilaksanakan di antaranya On The Job Training (OJT) kepada tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Pujon, dengan materi penanganan diare pada anak dan penanganan batuk (ISPA) pada anak yang disampaikan oleh dokter spesialis anak.

Kemudian juga, lanjutnya, diberikan juga seperti penyuluhan kesehatan untuk anak usia sekolah, penyegaran kepada kader posyandu, sosialisasi pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan penyuluhan kesehatan lainnya.

Baca juga: DPRD Kapuas setujui pemberian TPP bagi ASN

Melalui kegiatan tersebut, pria yang pernah menjadi Kepala Puskesmas Selat ini berharap dapat semakin optimalnya akses layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah sangat terpencil yang diberikan oleh pemkab.

"Harapannya pelayanan ataupun pengobatan dalam kegiatan ini dapat membantu masyarakat agar bisa sembuh dari sakit yang diderita," tutupnya.

Baca juga: Kebakaran kembali terjadi di Kapuas

Baca juga: Berikut luasan lahan terbakar di Kabupaten Kapuas

Baca juga: BKPP Pulang Pisau pastikan segera ada pelantikan