Tabligh Akbar Das'ad Latif ajak umat pilih pemimpin amanah

id Pemkot palangka raya, wali kota palangka raya, fairid naparin, ustaz dasat latif, masjid kubah kecubung palangka raya, darurrahman, palangkaraya

Tabligh Akbar Das'ad Latif ajak umat pilih pemimpin amanah

Tabligh Akbar dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan peresmian Masjid Agung Kubah Kecubung Darurrahman, Kota Palangka Raya, Jumat (15/9/2023) malam. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Tabligh Akbar dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan peresmian Masjid Agung Kubah Kecubung Darurrahman, Kota Palangka Raya yang menghadirkan Ustaz Das'ad Latif mengajak umat Islam memilih pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab saat Pemilihan Umum 2024.

"Sebentar lagi pemilihan umum, maka pilihlah pemimpin yang baik akhlaknya, ibadahnya dan tanggung jawabnya sehingga mampu menjadi rahmatan lil alamin serta mampu menyejahterakan rakyat yang dipimpinnya," kata Das'ad Latif di Palangka Raya, Jumat malam.

Dia juga mengajak para jamaah yang hadir pada tabligh akbar itu memilih pemimpin karena kualitas dan kapasitas, bukan karena unsur kedekatan, unsur keluarga apalagi adanya sogokan uang maupun barang.

"Terlebih lagi, pilihlah orang yang agamanya bagus. Orang yang agamanya bagus akan amanah karena melaksanakan setiap tugas didasarkan iman dan taqwanya kepada Allah," terang Das'ad Latif.

Melalui momentum Tabligh Akbar ini, dia juga mengajak umat Islam terus meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, dan menambah kecintaan dan kerinduan kepada Rasulullah SAW.

"Untuk meneladani sikap dan sifat nabi maka kita harus menanamkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad termasuk salah satunya dengan mengetahui sejarah nabi yang disampaikan melalui maulid," jelasnya.

Baca juga: Peserta didik di Palangka Raya diimbau gunakan masker

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin saat membuka tabligh akbar tersebut berpesan kepada umat Islam agar bersatu berharap kepada Allah dan syafaat Rasulullah serta menjernihkan hati dan pikiran.

"Sekaligus semakin mempererat jalinan silaturahmi, keharmonisan, dan persatuan semua untuk bersama-sama membangun Palangka Raya yang maju, rukun dan sejahtera untuk semua," ajaknya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Palangka Raya yang meresmikan pemanfaatan Masjid Agung Kubah Kecubung Darurrahman berterima kasih kepada para tokoh dan berbagai pihak yang terlibat dan terkait dalam pembangunan masjid yang terletak di Jalan RTA Milono sebelah Bundaran Burung, "Kota Cantik".

Baca juga: BPBD Palangka Raya gencarkan patroli antisipasi karhutla

Masjid Agung Kubah Kecubung Darurrahman dibangun selama 12 tahun sejak masa kepemimpinan Wali Kota sebelumnya, M Riban Satia. Selanjutnya, estafet penyelesaian dilakukan di era Fairid Naparin hingga menjelang akhir masa jabatannya.

Selain dari APBD, pembangunan masjid dengan anggaran sekitar Rp180 miliar ini juga berasal dari partisipasi para dermawan. Terutama pada saat pembebasan lahan yang semula milik perorangan.

Masjid Kubah Kecubung berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare dengan induk bangunan berukuran 70×70 meter. Masjid ini diperkirakan mampu menampung 8.300 jemaah.

Baca juga: DPRD apresiasi pelaksanaan Operasi Zebra di Palangka Raya

Baca juga: Disdik Palangka Raya lakukan pendataan anak didik terdampak kebakaran