Kemarau pengaruhi air baku PDAM Tirta Janang Bartim

id Plt Direktur PDAM Tirta Janang, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Bunyamin, Barito Timur, bartim, kalteng

Kemarau pengaruhi air baku PDAM Tirta Janang Bartim

Sejumlah karyawan PDAM Tirta Janang melakukan penggalian pada bak Intake IKK Bentot agar pompa intake bisa berfungsi menyedot air baku untuk diolah dan disuplai ke pelanggan Bentot Kecamatan Patangkep Tutui, Senin (4/9/2023). ANTARA/HO-PDAM Tirta Janang.

Tamiang Layang (ANTARA) - Plt Direktur PDAM Tirta Janang Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Bunyamin mengakui bahwa musim kemarau pada tahun 2023 ini, mulai berdampak pada mengeringnya air sumber bahan baku yang akan disalurkan kepada para masyarakat setempat.

"Pada awal September 2023, air baku PDAM di beberapa titik mengalami surut drastis hingga di bawah permukaan pompa intake. Hal itu menyebabkan pompa intake mengalami kerusakan," kata Bunyamin di Tamiang Layang, Senin (18/9/2023).

Adapun beberapa titik air baku yang mengalami penyusutan drastis diantaranya Sungai Karau di Kecamatan Dusun Tengah, Sungai Ramania di Kecamatan Patangkep Tutui dan Sungai Sirau di Kecamatan Dusun Timur.

Bunyamin mengatakan menyusutnya ketersediaan itu mengakibatkan terjadi kerusakan pada beberapa pompa intake (sedot) bahan baku air, seperti Intake di Sungai Sirau dan Intake di Sungai Karau. Ini karena debit air bahan baku berada di bawah posisi di bawah.

"Hal ini menyebabkan pasokan air ke konsumen terganggu atau tidak lancar saat itu. Namun, dengan adanya hujan beberapa pekan terakhir ini sehingga membuat debit air naik dan pasokan kembali normal," kata dia.

Untuk itu, PDAM Tirta Janang IKK Ampah masih belum bisa beroperasional maksimal karena posisi Intake masih diupayakan dalam perbaikan. Atas kondisi ini, pihaknya meminta pelanggan PDAM Tirta Janang khususnya di wilayah Kecamatan Dusun Tengah dan sekitarnya bisa memahami karena memang debit air yang ada jauh surut.

Baca juga: Aplikasi Disbudparpora Bartim jadi juara I lomba inovasi perangkat daerah

Plt Direktur PDAM Tirta Janang itu pun berharap pelanggan bisa memahami bahwa kekeringan air bukan hanya terjadi di PDAM Tirta Janang, tapi juga di seluruh Kalteng juga mengalami hal yang sama.

"Kami minta para pelanggan bisa menggunakan air dengan bijaksana dan bisa berhemat sehingga dapat berbagi dengan teman-teman yang membutuhkan lainnya," kata Bunyamin.

Meskipun demikian, Plt Direktur PDAM Tirta Janang Bunyamin akan berupaya semaksimal mungkin dan mencari solusi terbaik agar air bisa didistribusikan ke pelanggan.

Baca juga: Festival Hammock III Bartim diharapkan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat

Baca juga: Bupati Bartim dan Bupati Sukamara jalin kerja sama saling menguntungkan

Baca juga: RSUD Tamiang Layang komitmen terus tingkatkan mutu keselamatan pasien