Aplikasi Disbudparpora Bartim jadi juara I lomba inovasi perangkat daerah

id Disbudparpora Barito Timur, Barito Timur, bartim, kalteng, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah

Aplikasi Disbudparpora Bartim jadi juara I lomba inovasi perangkat daerah

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (keempat kanan) foto bersama dengan para juara inovasi daerah dan seluruh kepala OPD di Tamiang Layang, Kamis (14/9/2023). ANTARA/HO-Bapplitbangda Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Sebuah karya aplikasi Nansarunai Traveller membawa Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menjadi juara I Lomba Inovasi perangkat daerah tingkat kabupaten.

"Lomba inovasi dilaksanakan untuk menjaring inovasi daerah yang dimiliki tiap-tiap perangkat daerah di kabupaten ini," kata Bupati Bartim Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat (15/9/2023).

Dikatakan, lomba inovasi itu masuk ke Innovative Government Award (IGA). Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah, yang mengamanatkan dilakukannya penilaian untuk inovasi dan kemudian dilaporkan ke pemerintah pusat, sehingga Pemerintah Kabupaten Barito Timur perlu meningkatkan kinerjanya dengan kreatif melakukan inovasi daerah.

Ampera pun berharap kepala OPD di lingkungan Pemkab Bartim, agar lebih kreatif dan membuat inovasi-inovasi daerah untuk berupaya membantu kepala daerah dalam pencapaian kinerja dalam melaksanakan inovasi daerah.

"Inovasi perangkat daerah yang telah dilaksanakan itu bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang memiliki tujuan meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Barito Timur," ucapnya.

Dia menambahkan, dengan sasaran untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan di wilayah Kabupaten  Barito Timur melalui peningkatan pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah.

Baca juga: Festival Hammock III Bartim diharapkan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Barito Timur menjadi juara II lomba inovasi daerah dengan karya bernama Sistem Izin Penelitian ata disingkat Simple. Sedangkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Barito Timur menyabet juara II dengan karya Sistem Informasi Perjalanan Dalam Daerah atau disingkat dengan Sepeda.

Penyerahan piagam penghargaan diserahkan Bupati Barito Timur Ampera A Mebas kepada Kadisbudparpora Herawani, Kepala Bapplitbangda Franz Sila Utama dan Kadis PKP Lurikto. Acara penyerahan itu dihadiri seluruh kepala OPD Barito Timur.

Baca juga: Bupati Bartim dan Bupati Sukamara jalin kerja sama saling menguntungkan

Baca juga: RSUD Tamiang Layang komitmen terus tingkatkan mutu keselamatan pasien

Baca juga: Sambut Pemilu 2024, Bupati Barito Timur imbau masyarakat jaga kedamaian