Festival Hammock III Bartim diharapkan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat

id Festival Hammock III Bartim berpengaruh positif pada perekonomian masyarakat, kalteng, bartim, Barito timur

Festival Hammock III Bartim diharapkan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Barito Timur, Herawani. ANTARA/HO-Disbudparpora Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Herawani berharap, Festival Hammock III di Taman Anggrek, Desa Siong Kecamatan Paju Epat membawa dampak ekonomi bagi masyarakat. 

“Dilaksanakan di sana karena fasilitas-fasilitas cukup memadai. Juga dirancang memberi pengaruh positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar,” kata Herawani di Tamiang Layang, Kamis.

Festival Hammock III Bartim 2023 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 – 17 September 2023 dan diperkirakan peserta yang ikut hadir dan berpartisipasi sekitar 300 orang.

Kegiatan akan diramaikan oleh partisipasi peserta dari dalam wilayah Kabupaten Bartim maupun dari luar wilayah yang terdiri dari beberapa komunitas dan perwakilan sekolah.

“Undangan yang disebarkan yakni dari SMA, SMP dan komunitas baik dari wilayah Kabupaten Bartim maupun luar daerah,” kata Herawani.

Baca juga: Bupati Bartim dan Bupati Sukamara jalin kerja sama saling menguntungkan

Ditambahkan Hera, dengan prediksi jumlah peserta tersebut mendapat dukungan dari berbagai aspek kebutuhan peserta seperti toilet, lahan parkir, alam terbuka yang cocok untuk berwisata bersama.

Selain itu, katanya, peserta festival tersebut untuk dapat menikmati udara segar alam dan pemandangan yang asri. Tujuan utamanya yakni pengembangan sekaligus promosi kawasan Destinasi Wisata Tahura Anggrek Pama Magaram Persada yang terkenal memiliki tanaman khas Anggrek Hitam yang terkenal hingga mancanegara.

Untuk diketahui, Festival Hammock pertama kali dilaksanakan di lokasi Objek Wisata Riam Kendong. Lokasi ini menyuguhkan berbagai permainan seperti Flying Fox atau permainan meluncur dari sebuah pohon dengan menggunakan sling baja. Selain itu, peserta bisa memanjakan mata dengan pemandangan air terjun yang sangat memesona.

Saat Festival Hammock II yang dilaksanakan Wisata Tahura Pama Magaram Persada pada Oktober 2021  di Desa Siong Kecamatan Paju Epat, ada puluhan regu yang mendaftarkan untuk ikut, terdiri dari SOPD dan regu kalangan pelajar. Satu regu terdiri dari lima orang.

Siswa-siswi perwakilan SMA Negeri 1 Dusun Tengah berhasil meraih juara, Regu Putra meraih Juara 2 dan Regu Putri meraih Juara 3.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang komitmen terus tingkatkan mutu keselamatan pasien

Baca juga: Pemprov kawal penyaluran BBM dengan pos pengawasan di Bartim dan Pulpis

Baca juga: Petani dan penyuluh di Bartim dilatih menanam tanaman pangan berbasis organik