Pemkab Bartim alokasi Rp19,5 miliar sukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar, Barito Timur, bartim, kalteng

Pemkab Bartim alokasi Rp19,5 miliar sukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024

Sekda Bartim Panahan Moetar. ANTARA/Dok Diskominfo Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar menyatakan bahwa dana hibah untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah ini sudah mengalokasikan dan menyediakan anggaran sebesar Rp19,5 miliar.

"Pada APBD Perubahan sebesar APBD Perubahan 2023 sebesar Rp7,8 miliar dan pada APBD 2024 sebesar Rp11,7 miliar, hingga totalnya Rp19,5 miliar," kata Panahan di Tamiang Layang, Senin (30/10/2023).

Menurut dirinya, anggaran untuk penyelenggaraan pilkada tersebut berbentuk hibah daerah yang melekat pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Timur. Demikian juga dana untuk Badan Pengawas Pemilu Barito Timur.

"Anggaran untuk dana hibah pengamanan Pilkada 2024, untuk Polres Bartim dan Kodim Buntok 1012 Buntok juga dianggarkan melalui anggaran Kesbangpol. Namun dana untuk pengamanan Pilkada masih sedang memasuki dalam tahapan pembahasan anggaran 2024 di DPRD Bartim," kata Panahan.

Terpisah, Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita menegaskan, pihaknya saat ini siap menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Saat ini, KPU Barito Timur tinggal menunggu konfirmasi dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur terkait penandatanganan NPHD.

"Informasi yang kita terima, penandatanganan NPHD pada pekan pertama November 2024," kata Setya.

Baca juga: Pemkab Bartim tingkatkan pemahaman SPBE melalui asistensi penyusunan peta proses bisnis

KPU Barito Timur sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 81.100 jiwa, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 351 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan yang terdiri dari 100 desa dan tiga kelurahan.

Dari DPT sebanyak 81.100 jiwa itu terdiri dari pemilih perempuan sebanyak 39.993 jiwa dan pemilih laki-laki sebanyak 41.107 jiwa.

"Kami optimis penyelenggaraan Pilkada 2024 terlaksana dengan sukses," demikian Satya.

Baca juga: Pj Bupati Bartim: Penyediaan anggaran untuk urusan wajib berdampak terhadap pembangunan infrastruktur

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta Satpol PP lebih optimal jadi penegak perda

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim perintahkan ASN terapkan nilai-nilai dasar 'BerAKHLAK