Penjabat Bupati Bartim perintahkan ASN terapkan nilai-nilai dasar 'BerAKHLAK

id Penjabat Bupati Bartim perintahkan ASN terapkan nilai-nilai dasar 'BerAKHLAK, kalteng, bartim, Barito timur, asn, pns, akhlak

Penjabat Bupati Bartim perintahkan ASN terapkan nilai-nilai dasar 'BerAKHLAK

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan memerintahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintah daerah setempat untuk menerapkan nilai-nilai dasar BerAKHLAK.

“Ini untuk memastikan bahwa ASN menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan penuh integritas dan profesionalisme dalam upaya mendorong penerapan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK,” kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, BerAKHLAK adalah akronim yang menggambarkan prinsip-prinsip yang harus diterapkan ASN, yang mencakup berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

“Dengan menerapkan nilai-nilai tersebut, diharapkan dapat menciptakan fondasi budaya kerja yang profesional di kalangan ASN,” kata Indra lagi.

Baca juga: Pemkab Bartim terima perwakilan PPPK, kaji dan tindaklanjuti usulan TPP

Indra juga mendorong para ASN untuk menjaga netralitas dalam konteks politik. Dia menekankan pentingnya melaporkan bentuk pelanggaran netralitas yang mungkin terjadi di sekitar masing-masing kepada aparat terdekat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam konteks penyebaran isu-isu atau berita yang tidak jelas atau hoaks oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berkaitan itu semua, Indra juga mengingatkan para pejabat yang menjadi atasan langsung, mulai dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga level paling bawah, untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap netralitas pegawai ASN di lingkungan unit kerja masing-masing.

"Ini adalah langkah kunci dalam memastikan bahwa prinsip-prinsip BerAKHLAK diterapkan dengan baik di semua tingkatan birokrasi,” jelas pria asal Lampung itu.

Indra Gunawan juga mengapresiasi komitmen ASN untuk menjadi bagian dari perubahan positif dalam budaya kerja ASN di Barito Timur. Dengan penerapan nilai-nilai BerAKHLAK maka akan membawa kemajuan dan masyarakat akan merasakan pelayanan yang lebih baik dari ASN yang profesional dan berintegritas. 

Baca juga: Pj Bupati ajak para santri di Bartim terus berjuang memajukan pembangunan

Baca juga: Penjabat Bupati berharap Kontingen FSQ Bartim mampu raih juara

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta TPPS identifikasi permasalahan stunting di desa