Suara Edith Piaf dibuat ulang dengan AI untuk film animasi

id Edith Piaf, film animasi,Artificial Intelligence,ai

Suara Edith Piaf dibuat ulang dengan AI untuk film animasi

Musisi asal Prancis Edith Piaf. (ANTARA/Spotify.com)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi legendaris asal Prancis Edith Piaf akan dibuatkan film biografi animasi dirinya bertajuk “Edith” oleh label Warner Music dan suara Piaf akan dibuat ulang dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk film ini.
 
People, Selasa (14/11) waktu setempat, melaporkan Warner Music secara resmi akan memproduksi suara ulang darinya untuk kepentingan film biografi animasi Piaf, meskipun sang penyanyi telah meninggal 60 tahun yang lalu di usia 47 tahun. Berkat teknologi AI, suara Piaf dapat dibuat ulang untuk menciptakan kembali suara dan kemiripannya dalam film biografi animasi “Edith”.
 
“Warner Music Entertainment dan perusahaan produksinya, dengan bahagia akan mengembangkan film biografi animasi pertama dari seorang artis yang menggunakan AI dan akan menceritakan kisah luar biasa Piaf tentang bagaimana dia mengatasi perjuangan untuk menjadi simbol pemberdayaan perempuan, serta salah satu artis paling ikonik di Prancis sepanjang masa,” tulis Warner melalui siaran persnya.

Baca juga: Pixar dan Disney resmi merilis trailer film animasi 'Elio'
 
Saat ini, Warner Music telah mengumpulkan ratusan rekaman Piaf selama 80 tahun untuk dipelajari dan dibuat ulang oleh teknologi AI. Film ini akan menyertakan rekaman asli lagu-lagu hit milik Piaf, termasuk “La vie en rose” dan lainnya.
 
“Suara dan citra Piaf yang berbeda harus dihidupkan kembali untuk lebih meningkatkan keaslian dan dampak emosional dari ceritanya,” tambah Warner Music.
 
Film ini akan dimulai pada tahun 1920-an, mengenai kehidupan Piaf di Paris dan New York hingga kematiannya pada tahun 1963. Selain itu, film ini didasarkan pada ide orisinal Julie Veille dan ditulis oleh Veille dan Gilles Marliac.
 
“Merupakan pengalaman yang istimewa dan menyentuh untuk dapat mendengar suara Edith sekali lagi, teknologi ini membuat kami serasa kembali berada di ruangan bersamanya,” kata pihak dari Piaf, Catherine Glavas dan Christie Laume.

Baca juga: Chris Pine ditetapkan sebagai pengisi suara film animasi 'Wish'
 
Dalam film berdurasi 90 menit itu, pihak produksi film animasi “Edith” berjanji akan memasukkan fakta-fakta yang sebelumnya tidak diketahui tentang hidupnya.
 
“Semangatnya, pencapaian pribadinya, dan penampilan luar biasa akan dilihat melalui sudut pandang modern sambil menambahkan rekaman arsip, pertunjukan panggung dan TV, rekaman pribadi, dan wawancara TV,” tulis Warner.
 
Menurut Warner Music, puluhan tahun setelah meninggalnya Piaf, musiknya masih terus didengarkan di seluruh dunia dengan hampir 300 juta streaming hingga saat ini.
 
“Edith adalah salah satu artis terhebat Prancis dan dia masih menjadi sumber kebanggaan bagi masyarakat Prancis,” kata CEO Warner Music France Alain Veille dalam sebuah pernyataan.
 
Dia menambahkan, “Ini adalah tindakan penyeimbang yang rumit ketika menggabungkan teknologi baru dengan warisan seniman, dan sangat penting bagi kami untuk bekerja sama dengan perkebunan Edith dan menangani proyek ini dengan sangat hormat. Kisahnya layak untuk diceritakan, dan melalui film ini kita akan dapat terhubung dengan penonton baru dan menginspirasi generasi penggemar baru".

Baca juga: Film animasi 'Moana' akan dibuat ulang dalam versi 'live-action'

Baca juga: Film animasi 'Mummies' segera tayang di Indonesia

Baca juga: Komik 'Panji Tengkorak' diadaptasi jadi film animasi