Legislator Barsel sebut masyarakat di dua kecamatan harapkan dukungan dalam bidang pertanian

id dprd barito selatan, Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja, buntok, barsel, barito selatan

Legislator Barsel sebut masyarakat di dua kecamatan harapkan dukungan dalam bidang pertanian

Anggota DPRD Barito Selatan, Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Legislator Barito Selatan, Kalimantan Tengah Bhaskarogra Basuki Dwiatmaja mengatakan masyarakat di Kecamatan Gunung Bintang Awai dan Dusun Utara mengharapkan pemerintah kabupaten melakukan perbaikan terhadap check dam dan saluran irigasi.
 
"Dalam bidang pertanian, masyarakat di dua kecamatan tersebut mengharapkan kepada pemerintah kabupaten setempat agar memperbaiki check dam dan saluran irigasi," katanya di Buntok, Senin.
 
Ia mengatakan, perbaikan ini dalam upaya menunjang pertanian pada sawah milik masyarakat yang berada di dua kecamatan yang merupakan Daerah Pemilihan (Dapil) II Barito Selatan tersebut.
 
"Hal itu mengingat, pada saat ini, kondisi cuaca sedang tidak stabil, yang terkadang hujan dan terjadi kekeringan dalam setiap tahunnya," ucap Bhaskarogra yang akrab dengan sapaan Bes Bes itu.

Baca juga: DPRD Barito Selatan himpun usulan pembangunan di dapil III
 
Oleh karena itu, masyarakat mengharapkan pemerintah kabupaten agar memperbaharui check dam dan saluran irigasi, supaya ladang atau sawah mereka tidak mengalami kekeringan atau kebanjiran pada musim tertentu.
 
Ia juga mengimbau kepada para petani yang ada di daerah ini, khususnya yang berada di dua kecamatan tersebut agar bisa memantau cuaca apabila ingin melakukan penanaman.
 
Sebab lanjut politisi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Barito Selatan itu, pada akhir-akhir ini keadaan cuaca tidak menentu.
 
"Untuk itu, kita mengharapkan kepada masyarakat, khususnya kepada petani agar benar-benar melakukan kalkulasi sebelum melaksanakan penanaman di lahan pertanian milik mereka masing-masing dengan melihat kondisi cuaca," harapnya.
 
Menurut dia, hal tersebut dilakukan agar hasil pertanian milik masyarakat tersebut nantinya bisa melimpah, sehingga mampu untuk lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang melaksanakan kegiatan dalam sektor pertanian ini.

Baca juga: Pemkab Barsel bersama Kemen PUPR laksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi

Baca juga: DPRD dorong pengembangan pertanian di Bintang Awai dan Dusun Utara

Baca juga: Turunkan kemiskinan ekstrem dan terima penghargaan Wapres RI, Barsel terima Insentif Fiskal