DPRD Barito Selatan himpun usulan pembangunan di dapil III

id dprd barito selatan, sudiarto, buntok, barsel, barito selatan

DPRD Barito Selatan himpun usulan pembangunan di dapil III

Anggota DPRD Barito Selatan, Sudiarto. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Sudiarto mengatakan berdasarkan hasil reses yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, masyarakat menyampaikan sejumlah aspirasi untuk pihaknya tindak lanjuti.
 
"Pada saat reses dari 13-18 November 2023, masyarakat menyampaikan aspirasinya dalam bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan bidang lainnya," katanya di Buntok, Senin.
 
Berdasarkan hasil reses ke Daerah Pemilihan (Dapil) III Barito Selatan itu, beberapa sarana pendidikan di sejumlah desa diketahui masih kurang layak.
 
Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan itu menjelaskan, ada sekolah pada sejumlah desa yang ruang kelasnya masih belum cukup untuk menampung jumlah siswa dalam proses belajar mengajar.

Baca juga: Pemkab Barsel bersama Kemen PUPR laksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi
 
Kemudian lanjut Sudiarto, masyarakat seperti di Desa Tampulang, Kecamatan Jenamas juga mengharapkan kepada pemerintah kabupaten untuk meninggikan lokasi alkah atau tanah kawasan kuburan umum di desa tersebut.
 
"Karena, pada saat musim banjir, debit air cukup tinggi, sehingga masyarakat tidak bisa memakamkan apabila ada warga yang meninggal dunia," jelasnya.
 
Ia mengatakan, terkait hal itu memang sudah disampaikan usulannya sejak beberapa tahun lalu, namun hingga kini masih belum ada realisasinya dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.
 
Menurut dia, hasil reses yang dilaksanakan di enam desa yakni di Desa Tabatan, Tampulang, Rantau Bahuang, Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas, serta di Desa Mahajandau dan Sungai Jaya, Kecamatan Dusun Hilir itu akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD.
 
"Usulan masyarakat tersebut juga akan kita sampaikan kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) supaya bisa ditindaklanjuti, sehingga permasalahan yang dihadapi masyarakat bisa teratasi dengan baik," demikian Sudiarto.

Baca juga: DPRD dorong pengembangan pertanian di Bintang Awai dan Dusun Utara

Baca juga: Turunkan kemiskinan ekstrem dan terima penghargaan Wapres RI, Barsel terima Insentif Fiskal

Baca juga: Guru TK-PAUD disejumlah desa di Barsel harapkan dapat SK dari dinas Pendidikan