Pemkab Barsel bersama Kemen PUPR laksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi

id barsel, kalteng, Dinas PUPR Barito Selatan, Barito Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Pusbangkom Kementerian PUPR

Pemkab Barsel bersama Kemen PUPR laksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi

Sekretaris DPUPR Barito Selatan Bilivson dan Kabid Bina Jasa Konstruksi Hawinu foto bersama dengan peserta pelatihan di Buntok, Senin (27/11). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah bersama Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) BPSDM Kementerian PUPR Republik Indonesia, melaksanakan pelatihan pengawasan pekerjaan konstruksi bagi aparatur sipil negara yang ada di wilayah setempat.

"Pelatihan yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kompetensi aparatur pada dinas tersebut," kata Sekretaris DPUPR Barito Selatan Bilivson di Buntok, Senin.

Dikatakan, melalui pelatihan yang dilaksanakan secara periodik ini, diharapkan kemampuan aparatur dalam pengawasan pekerjaan konstruksi bisa lebih meningkat lagi. Sebab, aparatur yang ada di DPUPR Barito Selatan ini, tidak boleh hanya menguasai perencanaan dan manajemen proyek, melainkan juga harus dalam bidang pengawasan terhadap pekerjaan konstruksi.

"Hal itu mengingat, DPUPR memiliki kegiatan proyek yang cukup banyak dan harus diselesaikan secara optimal dengan kualitas pekerjaan yang terbaik," ucap Bilivson mewakili Kepala DPUPR Barsel, DR Ita Minarni.

Dengan dibekali pelatihan tersebut kata dia, mereka nantinya dapat menggunakan pengetahuannya dalam melakukan pengawasan, sehingga pekerjaan yang dilaksanakan kontraktor pelaksana dapat berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi teknisnya.

Sementara itu, Kabid Bina Jasa Konstruksi DPUPR Barito Selatan, Hawinu menyampaikan, pelatihan yang dilaksanakan ini bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi (Pusbangkom) BPSDM Kementerian PUPR dan Balai pengembangan kompetensi wilayah VII Banjarmasin.

"Kegiatan ini merupakan upaya kita mengembangkan kompetensi aparatur khususnya pengawas lapangan agar pelaksanaan pekerjaan di lapangan bisa sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 28 orang, baik yang berstatus sebagai PNS maupun non PNS yang saat ini bertugas sebagai pengawas lapangan.

Sedangkan yang menjadi instruktur dalam pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari dari 27 November hingga 1 Desember itu dari pusbangkom BPSDM Kementerian PUPR Republik Indonesia.

Selain itu ia juga menyampaikan pihaknya juga sebelumnya telah melaksanakan pelatihan bagi tenaga kerja konstruksi yang ada di daerah ini.

Baca juga: DPRD dorong pengembangan pertanian di Bintang Awai dan Dusun Utara

"Kita juga pada tahun 2023 ini telah melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) dan sejumlah pelatihan-pelatihan," kata Hawinu.

Sedangkan tahun depan, pihaknya kembali melaksanakan sejumlah kegiatan dalam upaya meningkatkan kompetensi yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), baik bagi penyedia jasa konstruksi maupun aparatur di DPUPR Barito Selatan.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada penjabat Bupati Barito Selatan, bapak DR Deddy Winarwan yang telah mendukung, dan memfasilitasi, sehingga pelatihan yang bekerjasama dengan Kementerian PUPR bisa terlaksana dengan baik," demikian Hawinu.

Baca juga: Turunkan kemiskinan ekstrem dan terima penghargaan Wapres RI, Barsel terima Insentif Fiskal

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Hoaks dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Pelantikan pejabat eselon III dan IV sudah sesuai aturan