Pemkab Barito Utara tingkatkan koordinasi pokjanal posyandu

id posyandu barito utara,pokjanal posyandu,pj sekda,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara tingkatkan koordinasi pokjanal posyandu

Penjabat Sekda Barito Utara Jufriansyah.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara,Kalimantan Tengah, meningkatkan koordinasi pertemuan kelompok kerja operasional pembinaan pos pelayanan terpadu (Pokjanal Posyandu) guna mendukung kinerja posyandu tingkat kabupaten setempat.

"Kegiatan ini juga untuk pembinaan fasilitas, advokasi dan dukungan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, komitmen, kesamaan pemahaman dan kerja sama sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerja sama lintas sektor di daerah ini," kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Pj Sekda Jufriansyah di Muara Teweh, Senin. 

Menurut dia, pokjanal posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan, pengelolaan posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia, katanya, sebagai potensi pembangunan bangsa agar dapat membangun dan menolong dirinya sendiri, merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, maka posyandu cukup strategis dalam pengembangan kualitas SDM sejak dini perlu ditingkatkan pembinaannya.

"Pengintegrasian layanan sosial dasar di posyandu adalah suatu upaya mensinergikan berbagai layanan yang di butuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, kesehatan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial," kata dia.

Dia menjelaskan, jumlah posyandu di Kabupaten Barito Utara sampai dengan November 2023 sebanyak 171 posyandu dengan kriteria posyandu aktif sebanyak 96,49 persen. Adapun yang disebut posyandu aktif adalah melakukan kegiatan setiap bulan, memiliki minimal lima orang kader, menyediakan layanan sedikitnya ibu hamil/ balita/remaja.

"Untuk strata posyandu pratama tiga posyandu, madya 25 posyandu, purnama 111 posyandu dan mandiri 32 posyandu," jelas dia.

Dengan diadakannya pertemuan pokjanal posyandu tingkat kabupaten ini diharapkan adanya kesepakatan seluruh anggota dalam upaya meningkatkan program kerja pokjanal posyandu di Kabupaten Barito Utara.

"Ini sesuai tugas dan fungsinya dengan mengevaluasi kegiatan tahun 2023 dan menyusun rencana kegiatan tahun 2024 yang manfaatnya semakin dirasakan oleh masyarakat,” jelas dia.