Berikut makanan dan minuman yang dapat menyebabkan sembelit

id Sembelit,makanan,minuman,penyebab sembelit

Berikut makanan dan minuman yang dapat menyebabkan sembelit

Ilustrasi - anak sembelit (ANTARA/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Peralihan musim membuat sebagai orang mengalami sembelit atau sulit buang air besar.
 
Mulai dari kurang serat hingga kafein berlebihan dapat menyebabkan sembelit, Ahli Diet Senior, Rumah Sakit Wockhardt di India, Riya Desai membagikan makanan yang berpotensi menyebabkan sembelit dan ketidaknyamanan seperti dilaporkan Hindustan Times pada Rabu (13/12) waktu setempat.
 
"Saat musim dingin tiba, penting untuk memperhatikan pilihan makanan kita untuk menjaga kesehatan pencernaan yang optimal. Anehnya, makanan tertentu, yang sering dikaitkan dengan kenyamanan musim dingin, dapat menyebabkan sembelit. Berikut tujuh penyebabnya," kata Riya.
 
1. Makanan rumahan rendah serat
 
Makanan favorit musim dingin seperti sup krim, roti olahan, coklat panas, dan biji-bijian olahan kekurangan serat yang dibutuhkan untuk pencernaan yang baik. Asupan serat yang tidak mencukupi dapat menyebabkan sembelit dan mengubah mikrobioma usus yang membantu pencernaan lebih baik, menjaga rasio bakteri baik daripada bakteri jahat dan pada gilirannya menghindari sembelit.
Baca juga: Penyebab bumil sering sembelit dan solusinya

Baca juga: Mengenal konstipasi pada anak, penyebab dan solusinya

 
2. Kafein pemicu dehidrasi
 
Minuman bersuhu dingin dan panas seperti teh, berbagai jenis kopi, coklat panas banyak diminati di musim tersebut. Sayangnya, konsumsi kafein yang terlalu banyak dikaitkan dengan sembelit sehingga seseorang harus selalu meminum minuman ini dalam porsi terbatas dan jumlah yang terkontrol.
 
3. Camilan olahan dan manis
 
Musim dingin adalah tentang menyusutnya siang hari dan perubahan jadwal tidur. Festival ini sering kali mengarah pada pemanjaan makanan manis yang berlebihan.
 
Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis olahan seperti gula-gula, minuman, coklat, produk roti seperti roti berbahan dasar Maida, kue, muffin, dll dapat berbahaya karena kaya akan lemak jenuh dan lemak trans yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri usus dan menyebabkan sembelit.
 
4. Daging merah dan protein berat
 
Makanan yang menenangkan di musim dingin sering kali mencakup makanan lezat, termasuk daging merah dan protein berat. Mereka juga kaya akan lemak jenuh karena sebagian besar hidangannya digoreng dan tidak mengandung serat dalam jumlah yang dibutuhkan.
 
Hal ini menyebabkan kesulitan dalam pencernaan. Makanan-makanan ini mungkin lebih sulit dicerna, menyebabkan pergerakan usus lebih lambat dan potensi sembelit.
 
5. Kurangnya buah-buahan dan sayur-sayuran segar
 
Musim dingin yang menggoda dapat disertai dengan makanan lezat, hal ini juga membahayakan metabolisme tubuh karena ada perubahan besar dalam pilihan makanan dari buah-buahan dan sayur-sayuran ke makanan manis, roti, dan makanan olahan yang digoreng.
 
Kekurangan serat pada buah dan sayur segar dapat menyebabkan sembelit dan mengganggu keseimbangan usus.
 
6. Dehidrasi terkait alkohol
 
Perayaan musim dingin mungkin melibatkan minuman beralkohol, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Berkurangnya kadar air dalam tubuh dapat mengakibatkan tinja menjadi lebih keras dan sembelit.