Kunjungan perdana ke Kotim, Danrem tegaskan netralitas TNI dalam pemilu

id Kunjungan perdana ke Kotim,Danrem tegaskan netralitas TNI dalam pemilu, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemilu, kodim Sampit, bupati kot

Kunjungan perdana ke Kotim, Danrem tegaskan netralitas TNI dalam pemilu

Kunjungan Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto disambut hangat oleh Bupati Kotim Halikinnor dan jajaran, Rabu (3/1/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 102/Panju Panjung Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto melakukan kunjungan perdana ke Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah untuk menjalin silaturahim sekaligus menegaskan komitmen dari netralitas TNI dalam pemilu.

“Alhamdulillah hari ini, saya bisa berkunjung ke Kodim Sampit, pertama kami ingin bersilaturahmi dengan unsur FKPD, seluruh masyarakat, pemangku kepentingan, termasuk dengan anggota TNI,” kata Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto di Sampit, Rabu. 

Kunjungan kerja ini merupakan pertama kali bagi Iwan berkunjung ke Kotawaringin Timur setelah dia menjalani serah terima jabatan pada 22 Desember 2023 lalu. Dalam kunjungan ini, dia bersilaturahim dengan anggota TNI, FKPD dan tokoh masyarakat setempat.

Kunjungan tersebut dipusatkan di markas Kodim 1015/Sampit, Jalan MT Haryono No. 56. Kedatangan rombongan Danrem 102/Panju Panjung diterima dengan hormat oleh Dandim 1015/Sampit Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata.

Penyambutan dilanjutkan dengan ritual potong pantan dan tapung tawar, serta pengalungan selendang oleh Bupati Kotim Halikinnor didampingi Wakil Bupati Kotim Irawati beserta FKPD Kotim dan FKPD Seruyan yang masih di bawah kewenangan Kodim 1015/Sampit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, KPU dan Bawaslu Kotim.

Sebelum tiba di Kodim 1015/Sampit, Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto sempat berkunjung ke Kodim 1019/Katingan yang satu arah dengan Kotim, jika dari Kota Palangka Raya. 

Ia melanjutkan, selain bersilaturahim dalam kunjungan ini ada beberapa misi yang ia bawa, antara lain penguatan kerja sama antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah. 

“Kedua, melalui kunjungan ini saya sampaikan komitmen dan konsistensi kami sebagai TNI terhadap pemilu. Kami tetap netral dan kami akan menjamin netralitas TNI dalam Pemilu. Hal itu adalah absolut dan kami akan betul-betul menjaganya,” tegasnya. 

Baca juga: Pemkab berencana gelar shalat hajat untuk rayakan HUT Kotimke-71

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan kepada pemerintah daerah akan kesiapan TNI dalam membantu distribusi logistik maupun pengamanan pemilu, dengan catatan kondisi tersebut disampaikan kepada pihaknya sehingga bisa dilakukan antisipasi. 

Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto menambahkan, pihaknya siap menggelar pasukan hingga peralatan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu.

Terkait pengamanan pemilu ini, pihaknya akan menetapkan status Bawah Kendali Operasi (BKO) kepada satuan Polda Kalteng. Lalu, pihaknya akan menyebar personel ke setiap Polsek, namun teknis lebih lanjut akan diatur oleh kepolisian. 

Sementara itu, Bupati Kotim Halikinnor bersama jajaran menyambut baik kunjungan kerja dari Danrem 102/Panju Panjung. Kunjungan kerja ini menjadi momentum perkenalan, mengingat Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto terbilang baru ditugaskan sebagai Danrem di Kalteng. 

“Kami berterima kasih atas kunjungan Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto, tentunya dengan bersilaturahim, saling mengenal sehingga juga nantinya lebih memudahkan kita dalam berkomunikasi dan berkoordinasi,” kata Halikinnor. 

Dalam kesempatan tersebut, Halikinnor menyampaikan beberapa permasalahan yang rawan terjadi di Kotim maupun Seruyan, yakni tren tuntutan masyarakat terhadap kewajiban plasma dari perusahaan. 

Meskipun, untuk saat ini permasalahan itu secara bertahap berhasil diatasi, salah satunya dengan membentuk tim PKS penanganan konflik sosial, ia berharap dengan kerjasama, kolaborasi,serta sinergisitas semua pihak dan bimbingan dari FKPD masalah itu dapat segera selesai. 

“Harapan kita juga agar pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden nanti selalu aman dan kondusif, sehingga semua berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” demikian Halikinnor. 

Baca juga: Korban kebakaran di Sampit berharap bisa tetap menempati lahan Inhutani

Baca juga: Peringati HAB ke-78, Kemenag Kotim komitmen jaga toleransi dan moderasi beragama

Baca juga: Tahun ini banyak pejabat Kotim pensiun