Peringati HAB ke-78, Kemenag Kotim komitmen jaga toleransi dan moderasi beragama

id pemkab kotawaringin timur, hab kotim, hari amal bhakti, kotim, kotawaringin timur, kemenag kotim, sampit, bupati halikinnor

Peringati HAB ke-78, Kemenag Kotim komitmen jaga toleransi dan moderasi beragama

Proses potong tumpeng dipimpin Bupati Kotim Halikinnor pada acara peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 di lingkungan Kemenag Kotim, Rabu (3/1/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah berkomitmen untuk terus menjaga toleransi dan moderasi beragama. 
 
“Sesuai dengan tema HAB tahun ini, yakni Indonesia Hebat Bersama Umat, kami berharap ke depan toleransi dan moderasi beragama akan terus kita jaga serta kembangkan untuk generasi masa depan,” kata Kepala Kemenag Kotim, Khairil Anwar di Sampit, Rabu. 
 
Hal ini disampaikannya usai apel peringatan HAB ke-78 di halaman Kantor Kemenag Kotim, Jalan Ir. Soekarno Km 0,6, Sampit. Apel tersebut dipimpin Bupati Kotim Halikinnor. 
 
Turut hadir Wakil Bupati Irawati, Ketua DPRD Rinie Anderson, Ketua MUI Amrullah Hadi, Ketua Pengadilan Agama Sampit, jajaran Kemenag Kotim, seluruh madrasah, guru agama, dan pengawas pendidikan agama islam, kepala KUA dan penyuluh agama se-Kotim.
 
Khairil menyampaikan, Kemenag Kotim siap melayani umat yang ada di wilayah Bumi Habaring Hurung ini, terutama dalam rangka menjalin hubungan yang lebih harmonis sehingga tercipta ketenangan dan kedamaian antar umat beragama.
 
“Toleransi dan moderasi beragama harus terus dikembangkan terhadap generasi masa depan, sehingga tidak ada gesekan atau perselisihan antar umat beragama di wilayah Kotim,” ucapnya. 
Sementara itu, Bupati Kotim Halikinnor yang membacakan sambutan Kementerian Agama RI menyampaikan, HAB bukan semata sebuah nama, tetapi terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama. 
 
“Pada peringatan HAB ke-78 ini saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” tuturnya. 
 
Pada momentum HAB ke-78, ia juga mengajak kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama. 
 
Sesuai dengan tema peringatan HAB ke-78, yakni Indonesia Hebat Bersama Umat, hal ini bermakna bahwa Kemenag harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. 
 
“Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama,” ujarnya. 

Baca juga: Bupati Kotim minta pembangunan pabrik pengolahan limbah medis dipercepat

Baca juga: Pemkab Kotim percepat sertijab kepala SOPD untuk optimalkan kinerja

Baca juga: Penerimaan Pengawas TPS dibuka, Bawaslu Kotim jelaskan tupoksinya