Bandara Tjilik Riwut layani 32 ribu penumpang selama Natal-Tahun Baru

id bandara tjilik riwut, angkasa pura II, ap II, periode natal dan tahun baru 2024, nataru, pergerakan penumpang bandara tjilik riwut capai 32 ribu, pala

Bandara Tjilik Riwut layani 32 ribu penumpang selama Natal-Tahun Baru

Apel gabungan tanda berakhirnya posko monitoring periode Natal dan Tahun Baru di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
PT Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah secara keseluruhan melayani hingga sekitar 32 ribu penumpang baik yang datang maupun berangkat selama periode Natal dan Tahun Baru 2024.
 
"Terhitung sejak 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 periode Natal dan Tahun Baru, ada sekitar 32 ribu pergerakan penumpang melalui Bandara Tjilik Riwut dan semuanya berjalan lancar," terang Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara di Palangka Raya, Kamis.
 
Ardha menjelaskan, apabila dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru 2023, pergerakan penumpang mengalami sedikit penurunan yakni sekitar 12 persen.
 
"Penurunan ini karena berbagai faktor, di antaranya karena waktu libur yang terbatas pada periode Natal dan Tahun Baru 2024, serta memang kecenderungan pergerakan penumpang atau kebiasaan arus mudik masyarakat yang lebih dominan terjadi saat Ramadhan," tuturnya.

Baca juga: Dishanpang: Belum semua kabupaten di Kalteng miliki CPPD
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, secara keseluruhan pergerakan penumpang maupun aktivitas penerbangan selama periode Natal dan Tahun Baru 2024 berjalan lancar tanpa ada kendala berarti. 
 
Adapun rata-rata pergerakan penumpang setiap harinya sekitar 2.000 penumpang dan pernah mencapai hingga sekitar 3.000 penumpang saat puncaknya yakni saat mendekati Natal.
 
Dia mengatakan selama periode Natal dan Tahun Baru ini, Bandara Tjilik Riwut juga menyediakan posko monitoring di area selasar terminal keberangkatan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.
 
Posko monitoring ini merupakan gabungan dari sejumlah instansi, mulai dari Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut, TNI dan Polri, Balai Karantina, Basarnas, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Airnav serta lainnya.
 
Posko ini untuk menunjang kelancaran angkutan maupun aktivitas penumpang, sebagai pusat sentra informasi pengguna jasa bandara, maupun posko reaksi cepat terhadap berbagai hal di kawasan bandara.
 
Selama periode Natal dan Tahun Baru 2024 ini, dikatakan Ardha, juga disediakan penerbangan ekstra tujuan Jakarta, yakni Batik Air dan Citilink. Untuk Batik Air untuk sementara penerbangan ekstra ini akan tetap dilanjutkan, sedangkan Citilink penerbangan ekstranya hanya tersedia hingga pertengahan Januari 2024.

Baca juga: Peminjaman buku di Perpustakaan Kalteng meningkat signifikan, capai 38 persen

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan langkah pengendalian hadapi penambahan kota sampel inflasi

Baca juga: Pemprov Kalteng gelar apel besar awal tahun pastikan kedisiplinan ASN