Pemprov Kalteng-ITB jalin kerja sama wujudkan pembangunan berkelanjutan

id pemprov kalteng, itb, institut teknologi bandung, kalteng-itb jalin kerja sama, gubernur kalteng, sugianto sabran, kalteng, kalimantan tengah, ikn, ib

Pemprov Kalteng-ITB jalin kerja sama wujudkan pembangunan berkelanjutan

Sekda Kalteng Nuryakin bersama Sekretaris ITB Widjaja Martokusumo usai melakukan penandatangan kesepakatan bersama, Bandung, Kamis (4/1/2024). (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menjalin kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) salah satunya untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).
 
"Dalam rangka mendukung sustainable development goals 2030, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng memberikan dukungan serta mendorong tindak lanjut kesepakatan bersama ini," katanya dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Kamis.
 
Kerja sama ini ditandai penandatanganan kesepakatan yang berlangsung hari ini, yakni kesepakatan bersama tentang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). 
 
"Tujuan kesepakatan bersama ini adalah meningkatkan sinergisitas potensi sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak," terang Nuryakin.
 
Dia menjabarkan, ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi reklamasi pertambangan, rehabilitasi daerah aliran sungai dan kehutanan, hingga pengelolaan lingkungan hidup.

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut layani 32 ribu penumpang selama Natal-Tahun Baru

Baca juga: Dishanpang: Belum semua kabupaten di Kalteng miliki CPPD
 
Selanjutnya juga mencakup peningkatan sumber daya perikanan dan kelautan, serta bidang lainnya yang disepakati bersama. Kesepakatan ini berlaku selama lima tahun terhitung sejak ditandatangani kesepakatan bersama ini.
 
Kesepakatan Bersama ditandatangani oleh Sekda Nuryakin mewakili Gubernur Kalteng bersama Sekretaris ITB Widjaja Martokusumo.
 
Menurut Nuryakin kehadiran jajaran Pemprov Kalteng saat ini sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas di bidang pendidikan, penelitian, pengabadian kepada masyarakat dan peningkatan kualitas SDM.
 
"Kalteng merupakan daerah yang sangat dekat dengan IKN (Ibu Kota Negara) sehingga perlu penyiapan SDM, kerja sama serta kajian riset," tuturnya.
 
Adapun kajian riset merupakan dukungan bagi pemerintah daerah dalam memutuskan kebijakan sehingga kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta peningkatan kualitas SDM.
 
Sementara itu, Sekretaris ITB Widjaja Martokusumo berharap kerja sama ini berjalan dengan baik guna menggali apa yang bisa dibagikan maupun ajarkan di kampus.

Baca juga: Peminjaman buku di Perpustakaan Kalteng meningkat signifikan, capai 38 persen

Baca juga: Gubernur Kalteng: Berbagai capaian kinerja 2023 implementasi RPJMD