Pemkab Bartim salurkan bantuan bahan pangan ke desa terdampak banjir

id Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, BPBD dan Damkar Barito Timur, banjir di Barito Timur, bartim, kalteng

Pemkab Bartim salurkan bantuan bahan pangan ke desa terdampak banjir

Kepala Pelaksana BPBD Damkar Barito Timur, Ahmad Gazali, yang turut didampingi perwakilan mitra dunia usaha menyerahkan bantuan kepada Kades Juru Baru, di Desa Juru Banu , Kecamatan Paju Epat, Kamis (25/1/12023). ANTARA/HO-Diskominfo Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD dan Damkar) setempat menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir di Desa Juru Banu dan Desa Telang Baru, Kecamatan Paju Epat.

"Total bantuan yang diserahkan sebanyak 280 paket bantuan," kata Kepala Pelaksana BPBD Damkar Kabupaten Bartim Ahmad Gazali di Tamiang Layang, Kamis (25/1/2024).

Adapun bantuan dari sejumlah perusahaan pertambangan tersebut berisikan beras, gula, minyak goreng, mie instan, dan ikan kaleng. Disalurkan 192 paket untuk Desa Juru Banu dan 88 paket untuk Desa Telang Baru melalui masing-asing pemerintah desa setempat.

Ahmad Gazali mengatakan bantuan ini merupakan upaya nyata Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.  

"Pemkab Bartim mengapresiasi kerjasama dengan mitra dunia usaha yang turut berkontribusi dalam memberikan bantuan tersebut," ucapnya.

Penyerahan bantuan dilakukan sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan. Bantuan ini diharapkan dapat memberikan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk mengatasi dampak buruk banjir yang melanda Desa Juru Banu dan Desa Telang Baru.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan masyarakat yang terdampak banjir dapat segera mendapatkan bantuan yang dibutuhkan dan pulih dari musibah banjir yang melanda wilayah mereka. Apalagi hingga saat ini Desa Juru Banu dan Telang Baru masih terjadi banjir.

Baca juga: Sekda Bartim lantik Murnianson sebagai Direktur PDAM Tirta Janang

"Untuk banjir di Desa Juru Banu ketinggian air kurang lebih 1 meter di dalam rumah. Sedangkan di Desa Telang Baru ketinggian Air 3 jari orang dewasa di dalam rumah," kata Ahmad Gazali.

Kepala Pelaksana BPBD Bartim itu pun menghimbau pihak perusahaan yang ada di wilayah setempat berkeinginan menyalurkan bantuan berupa bahan pangan dan lainnya bisa melalui Pemerintah Kabupaten Barito Timur atau melalui BPBD dan Damkar Barito Timur, yang kemudian disampaikan kepada masyarakat terdampak banjir.

Baca juga: Kekosongan obat di RSUD Tamiang Layang teratasi

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim harapkan ASN salurkan ZIS melalui Baznas

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim periksa pelayanan di Bapenda