Penjabat Bupati Bartim periksa pelayanan di Bapenda

id Penjabat Bupati Bartimperiksa pelayanan Bapenda, kalteng, bartim, Barito timur

Penjabat Bupati Bartim periksa pelayanan di Bapenda

Penjabat Bupati Bartim Indra Gunawan meminta penjelasan kepada Kepala Bapenda Bartim Suma Wara Maharati terkait pelayanan pajak dan retribusi daerah di Tamiang Layang, Kamis (18/1/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan melakukan pengecekan pelayanan pendapatan daerah yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat.

“Untuk memastikan pelayanan pajak atau pendapatan daerah berjalan lancar dan bisa maksimal,” kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, kunjungannya merupakan salah satu upaya agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat atau publik bisa terlayani dengan baik dan pendapatan untuk daerah bisa dimaksimalkan.

Selain terkait pelayanan publik, Indra juga mengharapkan kantor Bapenda dilanjutkan terus rehabilitasinya.

“Tujuannya agar kantor lebih aman dan nyaman, sehingga seluruh pegawai merasa memiliki kantor dan menjaga kebersihan kantor serta dapat menciptakan pelayanan yang baik dan mudah kepada masyarakat,” kata Indra.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta ASN cegah hoaks dan jaga netralitas

Kepala Bapenda Kabupaten Barito Timur, Suma Wara Maharati menambahkan, ini merupakan kunjungan perdana Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan setelah rehabilitasi bangunan kantor selesai dan melihat langsung bagaimana pelayanan pajak dan retribusi daerah ke masyarakat.

Suma menambahkan, pihaknya juga menjelaskan kepada Penjabat Bupati Barito Timur berkaitan kanal pembayaran pajak dan retribusi yang telah bekerjasama dengan Bapenda Barito Timur.

“Untuk saat ini, pembayaran pajak dan retribusi di Kabupaten Barito Timur bisa dilayani melalui Bank Kalteng, Bank Mandiri dan Bank BRI, sedangkan kanal pembayarannya pada Bank Kalteng melalui transfer teller, aplikasi Betang Mobile.

“Pada Bank BRI bisa melalui transfer teller dan QRIS untuk rumah dinas. Sedangkan Bank Mandiri transfer teller, QRIS, edc dan mobile mandiri,” jelas Suma.

Tambah Suma, dengan adanya kerjasama dengan pihak perbankan tersebut, Bapenda Barito Timur berupaya untuk mempermudah masyarakat untuk membayar kewajiban perpajakannya maupun pungutan retribusi.

Baca juga: Sebanyak 37 Kepala OPD Pembak Bartim teken perjanjian kinerja dan pakta integritas

Baca juga: KPU Bartim selesaikan tahapan sortir dan lipat surat suara

Baca juga: 206 KK terdampak banjir dua desa di Barito Timur