KPU Bartim selesaikan tahapan sortir dan lipat surat suara

id kpu barito timur, pemilu 2024, satya hedipuspita, tamiang layang, bartim, barito timur

KPU Bartim selesaikan tahapan sortir dan lipat surat suara

Ketua KPU Bartim, Satya Hedipuspita. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita mengatakan, penyortiran dan pelipatan telah selesai dilakukan dengan jumlah surat suara sebanyak 82.880 lembar.
 
“Pertama kemarin kita lakukan penyortiran untuk mengetahui mana yang baik serta layak, dan kemudian dilanjutkan dengan pelipatan,” kata Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Senin.
 
Menurutnya, surat suara sebanyak 82.880 lembar itu per pemilihan sesuai dengan pemilihan yang dilaksanakan yakni Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Kalteng, DPRD Barito Timur, sehingga totalnya surat suara 414.400 lembar.
 
“Sedangkan kekurangan surat suara sudah dimintakan kepada pihak penyedia. Kekurangannya sekitar 1.000,” jelasnya.

Baca juga: 206 KK terdampak banjir dua desa di Barito Timur
 
Ditambahkan Satya, pihaknya telah melaksanakan penyortiran dan pelipatan kotak suara untuk 351 TPS. Penyiapan tersebut beriringan dengan penyiapan kelengkapan keperluan untuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
 
Kelengkapan yang diperlukan TPS tersebut nanti dimasukkan dalam Kotak Suara dan dilakukan penghitungan ulang untuk persiapan pendistribusian pada H -3 atau tiga hari sebelum hari pemungutan suara yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024.
 
“Namun sebelum itu, kami (KPU) melaksanakan rapat koordinasi terlebih dahulu sebelum pendistribusian logistik. Pembahasannya terkait distribusi dari gudang logistik ke tingkat kecamatan yang dilanjutkan ke tingkat desa,” ujarnya.
 
KPU Barito Timur sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 81.100 jiwa, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 351 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan yang terdiri dari 100 desa dan tiga kelurahan.
 
Kapolres Barito Timur, AKBP Viddy Dasmasela menegaskan, pihaknya telah siap mengamankan jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Barito Timur dengan total kekuatan personil 969, yang terdiri dari 197 Polri, 70 TNI, 702 Linmas.
 
“Semua personel ini akan ditempatkan tugasnya masing-masing untuk pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Barito Timur,” kata Viddy.
 
KPU Barito Timur sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 81.100 jiwa, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 351 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan yang terdiri dari 100 desa dan tiga kelurahan.

Baca juga: Pemkab Bartim wacanakan pembayaran retribusi parkir online

Baca juga: Camat Dusun Tengah: Puing Jembatan Belanda ditemukan

Baca juga: Calon direktur PDAM Bartim wajib tandatangani pakta integritas