Penjabat Bupati Bartim minta ASN cegah hoaks dan jaga netralitas

id pemkab bartim, bartim, tamiang layang, barito timur, pemilu 2024, penjabat bupati indra gunawan

Penjabat Bupati Bartim minta ASN cegah hoaks dan jaga netralitas

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan. (ANTARA/HO-Diskominfo Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan meminta seluruh jajaran ASN di lingkup pemerintah kabupaten setempat bersama-sama menjaga kedamaian selama pemilu berlangsung.
 
“Semua pihak termasuk ASN diharapkan menjaga kedamaian selama pemilu dan juga memastikan kampanye politik dilaksanakan tanpa mencederai harga diri dan martabat setiap pihak maupun individual,” kata Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunaan saat Apel Kesadaran Nasional di Tamiang Layang, Rabu.
 
Pemilu 2024 terdiri Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) telah ditetapkan pada 14 Februari 2024 atau tersisa 27 hari kalender lagi.
 
Dia mengatakan menjaga kedamaian selama pemilu dimaksud seperti menghindari penyebaran hoaks dan menjaga netralitas.
 
Indra juga menyampaikan, terkait adanya ASN maupun perangkat desa menjadi badan ad hoc KPU pada pemilu tersebut, hendaknya juga ikut menjaga kedamaian dan menciptakan kondusivitas saat Pemilu 2024.
 
Tak hanya itu, Indra memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk membuat laporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas 2023, serta membuat komitmen kerja 2024.

Baca juga: Sebanyak 37 Kepala OPD Pembak Bartim teken perjanjian kinerja dan pakta integritas
 
Indra juga mengingatkan tentang kewajiban penyusunan dan pelaporan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun Anggaran 2023, sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 tahun 2014.
 
Dia pun memberikan perhatian khusus terhadap kondisi cuaca ekstrem hujan dan angin kencang. Untuk camat, kepala desa, dan jajaran masing-masing diberikan mandat untuk memantau dan melaporkan desa-desa yang rawan banjir, serta mengimbau warga agar berhati-hati saat berada di luar ruangan selama cuaca buruk.
 
Apel Kesadaran Nasional yang digelar Pemerintah Kabupaten Barito Timur merupakan apel perdana atau pertama pada 2024. Penjabat Bupati Indra Gunawan bertindak langsung sebagai pembina apel, serta diikuti seluruh jajarannya.

Baca juga: KPU Bartim selesaikan tahapan sortir dan lipat surat suara

Baca juga: 206 KK terdampak banjir dua desa di Barito Timur

Baca juga: Pemkab Bartim wacanakan pembayaran retribusi parkir online