Tekan Inflasi, Pemkab Murung Raya optimalkan gerakan taman cabai

id pemkab murung raya, gerakan tanam cabai murung raya, pengendalian inflasi, penjabat bupati hermon, puruk cahu, murung raya, mura

Tekan Inflasi, Pemkab Murung Raya optimalkan gerakan taman cabai

Penanaman bibit cabai tanda dimulainya kegiatan Gerakan Tanam Cabai yang dilaksanakan di lahan yang berada di Jalan Bhayangkara wilayah Desa Danau Usung, Sabtu (3/2/2024).  (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melakukan upaya secara masif dengan membuat Program Gerakan Tanam Cabai dalam menekan inflasi.
 
Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon di Puruk Cahu, Sabtu, meminta kepada semua OPD agar bisa berperan dalam menyukseskan gerakan tersebut sehingga bisa dicontoh atau diikuti oleh masyarakat secara luas. 
 
"Saya minta OPD menjadi pionir dalam gerakan ini, termasuk PKK 10 kecamatan berikut camatnya serta juga PKK tingkat desa," pintanya.
 
Dia juga berharap masyarakat bisa menanam sendiri cabai, karena bila berhasil secara tidak langsung akan menghemat pengeluaran bagi keluarga. 
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Murung Raya, Rezal Samad mengatakan upaya dalam menekan inflasi sudah dilaksanakan sejak 2023.

Baca juga: Penjabat Bupati resmikan angkutan bus pertama di Murung Raya
 
Adapun upaya dimaksud di antaranya dengan membuat kandang penyangga ayam petelur dan kandang penyangga ayam pedaging. 
 
"Sementara di 2024 kami berencana melaksanakan tujuh kegiatan pengendali inflasi," tuturnya.
 
Dimulai dari pembuatan kandang penyangga ayam petelur, kandang penyangga ayam pedaging, demplot ayam petelur di Kecamatan Murung, demplot ayam petelur di Kecamatan Laung Tuhup, kolam penyangga, gerakan tanam cabai varietes bara dan meruti, serta kegiatan pasar tani yang rencananya dibuat di halaman kantor Dinas Pertanian dan Perikanan.
 
Khusus untuk kegiatan peluncuran Gerakan Tanam Cabai, Rezal mengatakan pihaknya mulai menanam bibit cabai sebanyak 1.600 bibit yang dibagikan kepada para petani, masyarakat serta PKK kabupaten, kecamatan hingga desa. 
 
Gerakan Tanam Cabai tersebut dimulai oleh Pemkab Murung Raya, setelah kegiatan penanaman bibit cabai yang dilaksanakan di lahan yang berada di Jalan Bhayangkara wilayah Desa Danau Usung.

Baca juga: Antarkan bantuan warga, Pemprov Kalteng sisir sungai di wilayah DAS Barito

Baca juga: Pengendalian inflasi jadi prioritas, Pemprov laksanakan Gerakan Pangan Murah hingga Murung Raya

Baca juga: Pemkab Murung Raya siap berkolaborasi sukseskan program Baksos TNI manunggal air