Penjabat Bupati resmikan angkutan bus pertama di Murung Raya

id bus pertama di Murung Raya, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon, Murung Raya, kalteng

Penjabat Bupati resmikan angkutan bus pertama di Murung Raya

Penjabat Bupati Murung Raya Hermon saat meresmikan bantuan layanan bus trayek perintis yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Murung Raya di Puruk Cahu, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mendapatkan bantuan dari Kementerian Perhubungan berupa satu unit bus yang digunakan untuk melayani trayek angkutan dari Muara Laung Kecamatan Laung Tuhup menuju Kota Puruk Cahu, Kecamatan Murung.

Bantuan bus itu setidaknya bisa membantu masyarakat yang selama ini membutuhkan alat transportasi menjangkau daerah-daerah jaraknya dekat maupun jauh, kata Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon usai meresmikan tanda dimulainya trayek angkutan bus pertama di Murung Raya, Puruk Cahu, Jumat.

"Pemerintah daerah sangat berterima kasih karena trayek angkutan bus menitikberatkan operasional subsidi dengan melayani daerah terisolir dan belum berkembang," tambahnya.

Menurut dirinya, dukungan transportasi seperti yang baru diresmikan itu, sangat diperlukan di Kabupaten Murung Raya. Sebab, selain memiliki wilayah relatif luas, kabupaten ini juga masih ada dua kecamatan yang hanya bisa dijangkau dengan jalur sungai, yakni ke Kecamatan Sumber Barito dan Kecamatan Barito Tuhup Raya.

"Kami berharap ke depan kita mendapatkan bantuan seperti ini lagi dengan jalur menuju Kecamatan Tanah Siang dan terus ke Kecamatan Uut Murung, " kata Hermon. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Murung Raya, Putu Suranta mengatakan pemberian bantuan dari Kementerian Perhubungan tersebut memiliki dua alasan utama, yakni untuk membuka lintasan yang belum dilayani oleh moda transportasi serta menghubungkan wilayah yang masuk dalam kategori 3T, yakni terdepan, tertinggal dan terluar. 

Baca juga: Antarkan bantuan warga, Pemprov Kalteng sisir sungai di wilayah DAS Barito

"Hal ini dikarenakan wilayah 3T umumnya memiliki keterbatasan terhadap akses layanan, contohnya seperti layanan transportasi umum.  Dengan adanya layanan ini kita harapkan masyarakat bisa terbantu karena untuk tiket sekali jalan per orang hanya ditetapkan senilai Rp10 ribu, " ungkap Putu. 

Dalam peresmian tersebut turut dihadiri beberapa pejabat terkait, baik itu ditingkat kabupaten maupun provinsi, seperti perwakilan dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng, perwakilan dari Perum Damri Kalteng, Pj Sekda Murung Raya serta beberapa tamu undangan lainnya.

Baca juga: Pengendalian inflasi jadi prioritas, Pemprov laksanakan Gerakan Pangan Murah hingga Murung Raya

Baca juga: Pemkab Murung Raya siap berkolaborasi sukseskan program Baksos TNI manunggal air

Baca juga: 31.178 jiwa warga Murung Raya terdampak banjir