DAD Kalteng komitmen sukseskan Pemilu 2024

id DAD Kalteng,Palangka Raya,Kalteng,Agustiar sabran ,Pemilu Damai

DAD Kalteng komitmen sukseskan Pemilu 2024

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng berkomitmen untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan pelaksanaannya tinggal hitungan hari saja lagi.

Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran di Palangka Raya, Selasa, mengatakan bahwa pengurus DAD di provinsi setempat benar-benar berkomitmen ikut mensukseskan pemilu dengan tujuan terpilihnya para pemimpin yang berkualitas.

"Pengurus DAD seluruh Kalteng tentunya sangat berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di setiap daerah di Kalteng," kata Agustiar Sabran.

Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI dari Komisi III tersebut menjelaskan, kondisi kamtibmas di provinsi yang memiliki luas dua kali dari pulau jawa itu tidak ada gangguan kamtibmas yang cukup menonjol.

Kendati pun ada, kepolisian yang berada di provinsi setempat segera mengantisipasinya sehingga potensi yang bisa menyebabkan gangguan kamtibmas dapat ditekan.

"Masyarakat adat baik itu Damang dan Mantir di setiap daerah yang ada di Kalteng, tentunya juga terlibat dalam menjaga kamtibmas sehingga hal-hal negatif tidak akan terjadi, karena aparat keamanan dan masyarakat adat selalu bekerja sama dalam menjaga kamtibmas," ucapnya.

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu juga mengajak masyarakat jelang pemilu 2024 ini terpengaruh dengan ada isu-isu yang beredar di media sosial yang kebenarannya belum pasti.

Sebab banyak masyarakat yang diadu domba dengan konten-konten dan kabar bohong tersebut, sehingga bisa membuat gaduh daerah yang seluma adem ayem malah dibuat gaduh.

"Beda pilihan itu adalah hal yang wajar dalam pemilu ini, tetapi persatuan dan kesatuan antar sesama tetap harus ditingkatkan. Jangan karena beda pilihan malah dijadikan bahan untuk bentrok serta mengadu domba antar sesama," bebernya.

Agustiar juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kalteng, apabila ada gangguan kamtibmas sehingga dapat membuat gaduh setiap daerah agar segera ditangani dengan bijak.

Bahkan dari persoalan itu dicarikan solusinya, sehingga permasalahan tersebut dapat diredam dan tidak merambah kemana-mana.

"Harapan saya semoga hal-hal yang bisa membuat gaduh Kalteng tidak terjadi. Kemudian hajatan lima tahunan sekali ini bisa berjalan lancar dan sukses," demikian Agustiar sabran.