Aparat keamanan berperan penting sukseskan pemilu di Mura

id Aparat keamanan berperan penting sukseskan pemilu di Mura, kalteng, mura, murung Raya, pemilu, politik

Aparat keamanan berperan penting sukseskan pemilu di Mura

Acara doa lintas agama yang digagas oleh Polres Murung Raya yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Murung Raya di Puruk Cahu, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah, Rudie Roy menyampaikan terima kasih serta penghargaan kepada pihak keamanan, yakni TNI dan Polri serta penyelenggara pemilu karena proses demokrasi pada 14 Februari 2024 lalu berjalan dengan kondusif.

"Kita patut bersyukur di 350 TPS yang ada di Kabupaten Murung Raya pada saat pelaksanaan pemungutan suara semua berjalan aman, lancar dan kondusif dalam rangka memilih pemimpin kita, baik di tingkat pusat, Provinsi, maupun kabupaten," kata Rudie Roy di Puruk Cahu, Jumat.

Hal itu disampaikan oleh Rudie saat acara doa lintas agama dalam rangka menciptakan suasana kondusif pasca pleno terbuka. Acara juga diisi pemberian bantuan sosial kepada penyelenggara pemilu di TPS yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Murung Raya di Puruk Cahu.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Polres Murung Raya tersebut dihadiri pihak Kejari Murung Raya, Koramil Murung, KPU serta Bawaslu kabupaten setempat.

Rudie mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada KPU selaku penyelenggara pemilu, TNI, Polri, Bawaslu dan Kejaksaan yang telah mengawal dan mengamankan kegiatan pemilu tersebut dapat berjalan lancar aman dan baik.

"Hari ini kita berkumpul di ruangan ini untuk melaksanakan doa bersama lintas agama sebagai ucapan syukur karena Pemilu di Kabupaten Murung Raya berjalan lancar," ucap Rudie lagi.

Baca juga: Bawaslu Murung Raya temukan dugaan pelanggaran netralitas ASN

Sementara itu, Kapolres Murung Raya, AKBP Irwansah mengucap rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan pemilu di wilayah Kabupaten Murung Raya. Sejak tahapan awal sampai dengan kegiatan pleno tingkat Kabupaten bisa berjalan dengan lancar.

"Semua itu terwujud karena adanya kerjasama kita bersama utamanya masyarakat, penyelenggara pemilu, TNI dan Polri serta Kejaksaan," jelas Perwira melati dua itu.

Kapolres juga menyampaikan, kegiatan doa bersama secara khusus di wilayah Kabupaten Murung Raya dan secara umum di Indonesia agar sampai dengan penetapan calon yang terpilih dapat berjalan lancar aman dan kondusif.

"Saya juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi kepada semua unsur yang terlibat sehingga pemilu aman berjalan lancar. Kepolisian juga mohon masukan dan saran dan dukungan dari semua pihak agar kami dapat menjalankan tugas kami di kepolisian menjadi lebih baik lagi," ujar Irwansah.

Ketua KPU Murung Raya, Okto Dinata menuturkan bahwa suatu kebanggaan bagi KPU karena pemilu dari awal sampai pleno akhir dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Semua itu terwujud tidak terlepas dari kerja sama rekan-rekan semua, yaitu pihak pemda, masyarakat, TNI- Polri serta Kejaksaan yang banyak sekali membantu kita sehingga tahapan pemilu berjalan lancar dan aman seperti kita harapkan," demikian Okto.

Baca juga: KPU dan Bawaslu Mura beri tanggapan terkait PSU dan larangan wartawan meliput

Baca juga: JCH Murung Raya mulai jalani manasik

Baca juga: Pemkab Murung Raya berikan bantuan untuk korban kebakaran