Penumpang pesawat di Kobar meningkat 60 persen selama arus mudik Lebaran

id Penumpang pesawat di Kobar meningkat 60 persen selama arus mudik Lebaran, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, lebaran, mudik

Penumpang pesawat di Kobar meningkat 60 persen selama arus mudik Lebaran

Calon penumpang pesawat di ruang check in Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Selasa (9/4/2024). ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Setiawan menyatakan, pada arus mudik lebaran tahun 2024 penumpang transportasi udara mengalami kenaikan signifikan hingga 60 persen.

"Terhitung sejak tanggal 3 April pergerakan penumpang sebanyak 1.900 perharinya, angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 60 Persen dari tahun sebelumnya," kata Budi Setiawan di Pangkalan Bun, Selasa.

Budi mengatakan, jumlah pergerakan penumpang di bandingkan dengan tahun sebelumnya hanya di angka 1.200 perharinya, dan di tahun ini mengalami kenaikan hingga 1.900 perharinya.

Dia menyampaikan, pada arus mudik tahun ini dalam satu hari ada 8 kali keberangkatan, sehingga total pergerakan penerbangan ada 16 kali.

"Biasanya hanya 5 kali keberangkatan atau 10  kali pergerakan penerbangan, bahkan saat ini sudah ada yang mengajukan ekstra flight," ucapnya.

Baca juga: Dishub Kobar ingatkan pengguna transportasi sungai tentang keselamatan

Budi mengungkapkan, bahwa puncak arus mudik lebaran ini terjadi pada tanggal 6 dan 7 April, sehingga pergerakan penumpang meningkat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun.

"Peak season (musim puncak liburan) Sabtu dan Minggu, dimana pergerakan penumpang sebanyak 2.200 per hari, dengan rute penerbangan Jakarta, Surabaya dan Semarang," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa meski memasuki masa puncak arus mudik, harga tiket pesawat masih relatif terjangkau dan masih sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Tentunya hal ini didukung dengan banyaknya maskapai penerbangan yang masuk ke bandara Iskandar kita ini," ujarnya.

Budi menambahkan, meningkatnya penumpang pesawat terbang di Bandara Iskandar ini karena penumpang tidak hanya dari masyarakat Kobar saja, tetapi juga dari kabupaten tetangga.

"Seperti Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Lamandau dan Sukamara itu juga ada masyarakatnya yang mudik melalui bandara Iskandar ini," demikian Budi Setiawan.

Baca juga: Loka POM Kobar temukan 1.569 kemasan produk pangan TMK

Baca juga: Polisi sediakan empat pos induk dalam memastikan arus mudik aman dan tertib di Kobar

Baca juga: Pastikan aman dan nyaman, Pj Bupati Kobar tinjau langsung pemudik di pelabuhan Panglima Utar