Pastikan aman dan nyaman, Pj Bupati Kobar tinjau langsung pemudik di pelabuhan Panglima Utar

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat , Pj Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, kalteng

Pastikan aman dan nyaman, Pj Bupati Kobar tinjau langsung pemudik di pelabuhan Panglima Utar

Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa saat menyapa langsung pemudik di kapal Kirana jurusan Semarang, Kamis (4/4/2024) ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa melakukan kunjungan sekaligus menyapa langsung masyarakat yang akan mudik ke kampung halamannya, di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kamis.

"Kunjungan ini kita laksanakan dalam rangka meninjau langsung kondisi arus mudik menjelang hari raya idul fitri 1445 H," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Kamis.

Pada kunjungan itu, dirinya juga melakukan pengecekan langsung ke dalam kapal Kirana milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) jurusan Semarang tersebut, yang bertujuan ingin memastikan para pemudik terlayani dengan baik.

Tidak hanya menyapa dan berbincang dengan penumpang saja, orang nomer satu di kobar itu juga berbincang langsung dengan kru kapal.

"Saya titip para penumpang ya. Tolong dikawal sampai tujuan. Semoga pelayanan selama di kapal ini berjalan dengan baik," ucapnya. Pj Bupati Kobar ini.

Budi menyampaikan, kunjungan ini juga sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam memastikan infrastruktur pendukung dan pelayanan publik di kobar dalam menghadapi arus mudik lebaran.

"Saya berharap dengan adanya pengawasan langsung ini, kenyamanan dan keamanan pada pemudik dapat terjamin dengan baik," disampaikannya.

Baca juga: Dishub Kobar lakukan ramp check dan tes urine supir bus

Sementara itu, Manager Cabang PT DLU Kumai Agus Supriyanto menyampaikan, bahwa penumpang yang akan diberangkatkan menggunakan kapal Kirana tersebut, berjumlah kurang lebih 1.040 penumpang.

"Untuk pemudik gratis program dari perhubungan laut itu sebanyak 398 orang, dan untuk kapasitas kapal ini 1.076 orang," ucapnya.

Dia menyampaikan, bahwa pihaknya sejak awal ramadhan sampai saat ini telah memberangkatkan sebanyak kurang lebih 15.000 penumpang.

"Mendekati lebaran ini, untuk kapal yang tersisa 6 trip, dengan total penumpang kurang lebih 11.000 penumpang, dan total keseluruhan dari H-15 hingga hari ini sekitar 7000 an," demikian Agus Supriyanto.

Baca juga: Oknum sekolah jadikan pembelian seragam siswa sebagai bisnis bakal ditindak tegas

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar dorong kinerja peningkatan mutu pendidikan

Baca juga: Disnakertrans Kobar buka posko konsultasi dan pengaduan THR