Penjabat Bupati Kobar dorong kinerja peningkatan mutu pendidikan

id Penjabat Bupati Kobar dorong kinerja peningkatan mutupendidikan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, pemkab kobar

Penjabat Bupati Kobar dorong kinerja peningkatan mutu pendidikan

Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa saat melakukan pengambilan sumpah janji, Senin (1/4/2024). ANTARA/Safitri RA

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa mendorong seluruh insan pendidikan untuk meningkatkan kinerja demi terciptanya peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu.

"Jabatan merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang PNS, yang meliputi aspek loyalitas, kemampuan dan kompetensi serta moral," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Senin.

Harapan itu disampaikannya saat memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah janji kepala sekolah, pengawas dan penilik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Budi mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penjabat pada instansi pemerintah merupakan bagian dari kehidupan berorganisasi, khususnya dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan.

Pegawai yang diberi amanah jabatan diharapkan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Kinerja yang optimal akan sangat berpengaruh terhadap upaya bersama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. 

"Hal ini di lakukan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik, agar tetap berjalan dengan baik, terutama dalam prioritas pembangunan," ucapnya.

Baca juga: Nama Rakhman Ebol muncul pada hasil survei calon Bupati Kobar harapan masyarakat

Dia berpesan kepada kepala sekolah, pengawas dan penilik untuk menjadikan mutasi dan pelantikan tersebut, sebagai wahana untuk lebih meningkatkan kinerja dan prestasi dalam menjalankan tugasnya.

Menurutnya, mutasi jabatan ini selain sebagai sarana memperluas dan menambah pengetahuan, juga menjadi salah satu sarana penyegaran terhadap tugas dan fungsi aparatur pemerintah.

"Saya harapkan selanjutnya akan ada peningkatan mutu pendidikan, serta percepatan kinerja capaian pendidikan, karena kualitas sumber daya manusia yang kita miliki berhubungan erat dengan mutu dan kinerja pendidikan yang telah terlaksana," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Budi juga menyampaikan, kedepannya kepala sekolah, pengawas dan penilik mampu memimpin dan mengelola sekolah, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran.

"Sehingga nantinya, sekolah dapat menciptakan SDM yang berkualitas demi kemajuan dan percepatan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Kobar," demikian Budi Santoso.

Baca juga: Disnakertrans Kobar buka posko konsultasi dan pengaduan THR

Baca juga: Tingkat gemar membaca masyarakat Kobar masuk kategori tinggi

Baca juga: Kapolda Kalteng dorong umat beragama di Kobar tingkatkan kerukunan