Kapolda Kalteng dorong umat beragama di Kobar tingkatkan kerukunan

id Kapolda Kalteng dorong umat beragama di Kobar tingkatkan kerukunan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, pemkab kobar, Pangkalan bun

Kapolda Kalteng dorong umat beragama di Kobar tingkatkan kerukunan

Kapolda Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto bersama rombongan dengan didampingi Kapolres Kobar saat melaksanakan pembagian takjil kepada masyarakat di Pangkalan Bun, Selasa (26/3/2024). ANTARA/Safitri RA

Pangkalan Bun¬† (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto bersama rombongan, melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan dan kunjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), seraya mendorong agar kerukunan hidup umat beragama terus ditingkatkan. 

Kegiatan kunjungan tersebut diawali dengan kegiatan pembagian takjil yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama yang dihadiri perwakilan lintas agama di wilayah setempat.

"Tentunya, melalui kegiatan ini bertujuan guna memperkuat dan meningkatkan kerukunan keberagaman umat yang berjalan sudah baik, mempererat tali silaturahmi dalam satu kegiatan, serta terus bekerjasama dalam menjaga situasi Kabupaten Kobar aman dan kondusif," kata Djoko Poerwanto di Pangkalan Bun, Selasa.

Djoko beserta rombongan membagikan 500 paket takjil kepada masyarakat Kabupaten Kobar yang melintas di depan Gereja Katolik Santo Paulus, Jalan P. Diponegoro, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan.

Baca juga: Jelang arus mudik, BMKG Pangkalan Bun perkirakan kondisi gelombang air laut aman

"Pembagian takjil ini kita laksanakan juga sebagai upaya untuk merawat kebersamaan antara Polri dan masyarakat, serta menjaga toleransi antar umat beragama," ucapnya.

Djoko menyampaikan, pada kegiatan pembagian takjil tersebut dimanfaatkan pihaknya sebagai sarana tegur sapa secara langsung antara Polri dengan masyarakat.

"Hal ini sebagai upaya kita dalam meningkatkan rasa persaudaraan dan kedekatan Polri dengan masyarakat," ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa keamanan di Kobar selama Ramadhan dipastikan kondusif karena partisipasi dari masyarakat turut andil dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga tidak ada hal-hal yang mengganggu ketertiban umum.

"Bukan saja Polri, tapi masyarakat juga berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan bersama, mari kita bersama sama untuk terus menjaga agar situasi dan kondisi khususnya di kabupaten Kobar ini selalu kondusif, aman dan nyaman," demikian Djoko Poerwanto.

Baca juga: Pemprov Kalteng salurkan 1.000 sak beras kepada mahasiswa di Kobar

Baca juga: Pemkab Kobar-Bulog siapkan 5.000 bantuan paket sembako

Baca juga: Pemkab Kobar sambut positif penetapan tiga peraturan daerah