Pedagang emas di Sampit sebut omzet naik 30 persen jelang Lebaran

id Pedagang emas di Sampit sebut omzet naik 30 persen jelang Lebaran, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur

Pedagang emas di Sampit sebut omzet naik 30 persen jelang Lebaran

Transaksi jual beli emas di PPM Sampit,Selasa (9/4/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Transaksi penjualan emas di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah melonjak hingga 30 persen menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024.

“Alhamdulillah, jelang Lebaran ini toko semakin ramai. Omzetnya lumayan besar, ada kenaikan 30 persen dibanding hari biasa,” kata salah seorang pengelola toko emas di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, Fahrianur di Sampit, Selasa.

Ia menuturkan, peningkatan transaksi jual beli emas menjelang Lebaran telah menjadi tren tahunan. Bahkan, peningkatan ini sudah terlihat sejak awal Ramadhan. 

Bedanya, ketika awal Ramadhan hingga seminggu sebelum Lebaran pelanggan yang datang  cenderung kebanyakan justru menjual perhiasan mereka ke toko, kemungkinan untuk keperluan selama Ramadhan. 

Namun, pada minggu terakhir Lebaran jumlah pembeli yang meningkat dan umumnya didominasi kaum hawa. Sebab, biasanya perhiasan emas digunakan untuk mempercantik penampilan terutama di hari raya.

“Hari ini puncaknya kenaikan penjualan. Kalau seminggu yang lalu banyak yang menjual ke kami, sekarang sudah banyak yang beli mungkin untuk hari raya,” ujarnya.

Baca juga: H-1 Lebaran 2024, harga daging sapi di Sampit tembus Rp180 ribu

Ia melanjutkan, dalam seminggu terakhir pihaknya mencatat lebih dari 1.000 transaksi. Ramainya pembeli seperti ini biasanya bertahan setidaknya satu minggu pasca Lebaran. Setelah itu, transaksi jual beli emas akan berangsur normal.

Sementara itu, terkait perkembangan harga emas masih mengalami tren kenaikan harga, khususnya untuk emas 999 yang pekan lalu berada di angka Rp1.110.000 per gram, kini sudah mencapai Rp1.140.000 per gram.

Kenaikan harga emas di Sampit mengikuti perkembangan harga emas dunia yang terpengaruh oleh situasi geopolitik dan ketegangan antar negara yang membuat nilai tukar mata uang melemah.

“Untuk saat ini harga emas 999 Rp1.140.000 per gram, itu harga tertinggi yang pernah dicapai saat ini. Kami juga tidak bisa memprediksi, apakah harga bakal naik lagi atau turun,”
imbuhnya.

Berikut perbandingan harga emas di Kota Sampit per 9 April 2024 dengan sepekan sebelumnya;

Emas Amerika atau 999 dengan kadar 24 karat dari harga Rp1.110.000 menjadi per Rp1.140.000 gram, emas putih atau 750 dengan kadar 17 karat dari Rp935 ribu menjadi Rp950 ribu per gram, emas Singapura atau 700 kadar 16 karat dari Rp880 ribu menjadi Rp900 ribu per gram.

Selanjutnya, emas 420 dengan kadar 9 karat dari Rp570 ribu menjadi Rp580 ribu per gram dan emas 375 dengan kadar 8 karat dari Rp525 ribu menjadi Rp540 ribu per gram.

Baca juga: BPBD Kotim siapkan tim patroli pengamanan Pantai Ujung Pandaran

Baca juga: Pelindo jadwalkan perbaikan terminal penumpang Pelabuhan Sampit setelah Lebaran

Baca juga: Ratusan pemudik program mudik gratis bertolak dari Pelabuhan Sampit