Kebakaran hanguskan 23 rumah di Kapuas

id Kebakaran hanguskan23 rumah di Kapuas, kalteng, kapuas, sosial

Kebakaran hanguskan 23 rumah di Kapuas

Pemkab Kapuas menyalurkan bantuan untuk warga terdampak kebakaran di Desa Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kamis (11/4/2024) Antara/HO-warga.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kebakaran besar terjadi di Desa Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis sekitar pukul 01.30 WIB menghanguskan 23 rumah warga.

"Data sementara rumah terdampak ada 23 buah, dengan 33 jumlah kepala meluarga, terdampak," kata Camat Bataguh, Syuryadin saat dikonfirmasi.

Dijelaskannya, saat kejadian terdapat kendala dalam upaya pemadaman kebakaran, karena lokasinya di seberang sungai, sehingga harus memakai perahu menuju lokasi. 

"Jalan akses juga sempit sehingga susah memasukkan mesin pemadam, ditambah sumber air terbatas karena sungai sedang surut menjadi kendalanya," katanya. 

Pihaknya, saat ini masih melakukan pendataan untuk detail jumlah yang terdampak musibah kebakaran di kawasan padat penduduk tersebut. 

Belum diketahui penyebab atau asal mula munculnya api tersebut, api dapat di padamkan petugas pemadam kebakaran satu jam kemudian. 

Baca juga: Safari Ramadhan sarana meningkatkan persaudaraan di Kapuas

Sementara dalam kejadian tersebut, Pemerintah Kabupaten Kapuas bergerak cepat membantu warga terdampak musibah kebakaran di daerah setempat. 

Bantuan diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten setempat untuk melayani warga.

"Berdasarkan instruksi pak Pj Bupati melalui BPBD dan Dinsos untuk gerak cepat melayani korban kebakaran di Desa Pulau Mambulau," kata Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto.

Selain bantuan, pihaknya juga sudah membangun posko dan dapur umum untuk membantu para korban kebakaran

"Sudah terbangun satu posko dan juga dapur umum untuk tanggap darurat," katanya. 

Selain itu, juga diberikan pelayanan kesehatan bagi warga terdampak dari Dinas Kesehatan kabupaten setempat. 

"Walau hari libur, sesuai arahan pimpinan tetap stand by dalam melayani masyarakat,"  demikian Yanmarto. 

Baca juga: BKKBN Kalteng luncurkan Sekolah Lansia Tangguh di Kapuas

Baca juga: Kinerja Penjabat Bupati Kapuas dievaluasi Kemendagri

Baca juga: PLN berkomitmen perluas layanan listrik hingga ke pelosok Kapuas